Beranda > Artikel > Google invest di teknologi mobil Listrik!

Google invest di teknologi mobil Listrik!

Setelah Handphone, Google berinvestasi di bidang yang agak berbeda dengan bisnis intinya : Mobil Listrik. Konsepnya sama dengan Handphone, charge ulang kalau baterai habis.

Namun yang baru dari perusahaan baru Google ini adalah sistem yang 100% lebih efisien karena mengkombinasikan baterai isi ulang dengan mesin hybrid biasa.

Jadi Google hanya membuat plugin tambahan untuk mobil hybrid, sehingga mobil hybrid bisa dicharge di manapun.

Seperti kita ketahui mobil hybrid menghasilkan listrik dari mesin bensin dan menyimpannya untuk keperluan menambah jarak tempuh mobil tsb. Namun mobil hybrid sebenarnya masih mengandalkan mesin bensin untuk source power utamanya. Dengan plugin tsb, mobil hybrid semakin “dijauhkan” dari pemakaian bensin. Jadi mesin mobil Hybrid biasa dikombinasikan dengan sistem “pompa bensin isi ulang listrik” mampu memberikan efisiensi energi terbaik dibanding mobil hybrid biasa, karena jarak tempuh rata-rata mobil dibawah kapasitas baterai Google. Singkatnya, mesin bensin tidak dipakai sama sekali jika menempuh jarak dekat (20 mil atau 32 km).

Kalau begitu, bagaimana dengan listrik untuk mencharge mobil tersebut, bukankah PLT juga menggunakan bensin/solar untuk membangkitkannya ? Bukankah akan sama dengan “memindahkan” produksi polusi CO2 ke tempat lain ? Google menjawabnya dengan berinvestasi juga di Pembangkit Listrik, dengan telah bekerjasama dengan Pasadena, California.-based solar thermal startup eSolar dan Alameda, California.-based wind developer Makani Power. Kita juga pasti telah mendengar Listrik tenaga surya di Google Head Office.

Bahasan lebih lanjut : disini.

  1. Belum ada komentar.
  1. November 26, 2008 pukul 2:51 am
  2. Desember 30, 2009 pukul 12:25 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: