Beranda > Artikel > Satelit Google Earth Baru diluncurkan

Satelit Google Earth Baru diluncurkan

4 September 2008 ini, satelit baru yang beresolusi lebih besar akan diluncurkan partner Google di bidang fotografi satelit yakni GeoEye. Artinya, dalam beberapa bulan kedepan Google Earth akan mulai menerima gambar baru yang beresolusi sampai 3 meter persegi (saat ini gambar masih beresolusi 15 meter persegi). Dengan kata lain, gambar akan mampu melihat secara jelas benda-benda di permukaan bumi yang berukuran sekitar 3 meter persegi. Google Earth akan  mulai menerima gambar-gambar ini setelah beberapa bulan.

Yang menarik, satelit ini sebenarnya telah dilengkapi kemampuan untuk menangkap gambar yang lebih jelas s/d 0.5 meter persegi, namun masih gambar hitam putih. Mungkin tahun 2011, saat satelit baru lagi akan diluncurkan, akan lebih besar lagi resolusinya dan bisa berwarna.

Hal lainnya yang kami catat adalah, telah dihilangkannya hambatan hukum/legal yang membatasi gambar riil time untuk ditampilkan kepada public. Sejak tanggal 29 Juni 2007 aturan pemerintah federal Amerika yang membatasi hal tersebut telah dicabut. Namun batasan privacy akan tetap ada, yakni gambar dibatasi maksimal 0.5 meter persegi, yang membuat tidak mungkin mengenali orang yang dicapture gambarnya.

Untuk Satelit berikut yang akan diluncurkan tahun 2011, akan memiliki kemampuan teknologi mengambil gambar secara on demand, atau sesuai permintaan client Geo Eye. Konvergensi2 tampaknya  semakin menjadi nyata.

Info Lebih lanjut.

  1. papa giya
    September 13, 2008 pukul 3:02 am

    Salam

    Sy termasuk pengguna google earth & sangat banyak bermanfaat sekali untuk mengetahui tempat2 tertentu.
    Tetapi akhir2 ini nama2 jalan kota2 di Indonesia kok hilang, mohon info

    Thks

    UO: Untuk singkatnya, kami kutipkan dari FAQ Google Earth sbb:

    11. Persoalan dengan hasil pencarian alamat
    Google Earth dapat mencari berdasarkan kota dan negara di seluruh dunia. Namun demikian, pencarian alamat pada tingkat-jalan, petunjuk arah, daftar tempat bisnis, dan beberapa lapisan seperti hotel, hanya terbatas di Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.
    Google Earth menawarkan data peta untuk banyak negara lain.
    Kami menyadari bahwa beberapa alamat tidak akurat sampai ke lokasi rumahnya. Ini diakibatkan oleh cara alamat dicocokkan dengan posisi tepatnya di atas bumi. Kami mengandalkan teknik yang disebut ‘interpolasi alamat’: kami mengambil jumlah total alamat dalam suatu blok tertentu dan mengasumsikan adanya distribusi yang merata dari alamat-alamat tersebut di sepanjang blok itu. Misalnya, jika terdapat sepuluh alamat untuk blok 800 di Main Street, maka kami mengasumsikan bahwa alamat kelima akan berada di titik setengah jalan.

    Semoga bs membantu…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: