Beranda > Artikel, linux, Open Source > Apakah Ubuntu (Linux) akan mendominasi ?

Apakah Ubuntu (Linux) akan mendominasi ?

September 12, 2008 Tinggalkan komentar Go to comments

Istilah Windows Vista yang diplesetkan menjadi Windows “Wista”, (kami dapat dari milis suatu hari) mungkin ada benarnya. (WIsta dari bahasa Jawa, yang artinya sudahlah…)

Well, meski pasti tak semudah itu.

Tahun depan Ubuntu mengklaim telah sign contract untuk deliver Ubuntu Linux jutaan copy pre installed dengan manufactur seperti Dell, dll. Tapi apakah Linux secara umum akan mampu menggeser Windows tahun depan ? Tampaknya masih butuh waktu agak lama.

Mengapa ? Kami mendaftar sebab-sebabnya antara lain karena :

1. Linux masih kalah secara psikologis di mata publik. Masih ada ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan terhadap merk Linux. Buktinya, meski Vista mengalami masalah di pasaran karena hardware incompatibilty yang parah, mereka (para pengguna Windows sewaan (untuk lisensi kantor, internet cafe dll)) tidak juga beralih ke Linux yang gratis, mereka lebih memilih memperpanjang sewa Windows XP.

2. Manufaktur Hardware masih setengah hati, bukan rahasia lagi bahwa pabrikan Hardware yang tidak merilis driver Linux masih lebih banyak daripada yang merilisnya. Maklum market share problems. Meskipun project dbus Linux terus digeber, namun rupanya keesokan harinya ada hardware baru lagi yang muncul tanpa Linux Driver. Bahkan ada pabrikan yang memang tidak peduli jika bug hardware mereka terdekteksi oleh Linux. Ada infonya disini.

3. Pengguna komputer secara umum ternyata tidak mempermasalahkan kekurangan OS mereka ! Maksud kami, orang pada umumnya malas belajar hal baru, enggan membiasakan diri dengan pola baru (meskipun mirip). Orang pada umumnya ternyata sudah terbiasa menghadapi Virus, install ulang karena spyware, dan aplikasi yang sering hang karena mereka sudah hapal cara menghadapinya dan resourcesnya melimpah di sekitar mereka. Sedangkan seorang pengguna Linux sejati tahu betul kekurangan tiap OS (itu mungkin sebabnya mereka menggunakan Linux)

Jadi, apakah Linux akan segera mendominasi market ? Microsoft adalah perusahaan yang tidak mudah menyerah, lihatlah bagaimana Microsoft mengalahkan IBM, Apple Lisa, SUN, Wordstar, Wordperfect, Netscape, dan terakhir (belum berhasil) Google … Mungkin perlu dibajak Bill Gates jadi CEO Ubuntu (mumpung sudah nganggur), barulah dunia Linux memperoleh seorang petarung bengis tak berperasaan di pucuk pimpinan yang bisa membangun kejayaan Linux ? Karena Mark Shuttleworth, CEO Ubuntu, meskipun terbukti berhasil membesarkan Ubuntu, namun nampaknya dunia Linux secara terpisah masih belum “tega” untuk membunuh Windows. Buktinya banyak distro Linux yang bermain aman bekerjasama dengan Windows, seperti SUSE, Xandross, atau berita hengkangnya banyak tokoh Linux direkrut Microsoft. Sungguh pertarungan yang menarik.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: