Beranda > Artikel, Internet, teknologi > *Baru* Google Audio Indexing

*Baru* Google Audio Indexing

September 17, 2008 Tinggalkan komentar Go to comments

1. Gaudi [http://labs.google.com/gaudi] adalah layanan terbaru dari Google yang masih berada di labs Google. Kegunaannya adalah untuk mencari keyword/kata kunci atau kalimat di dalam sebuah Video. Google Audio Indexing adalah teknologi baru dari Google yang membolehkan pemakai memperbaiki pencarian video dan menontonnya dari channel YouTube. Mempergunakan teknologi Speech Recognition untuk menemukan kata yang diucapkan di dalam video dan memudahkan pengguna untuk Fast Forward ke bagian video di mana kata ini diucapkan.

2. Karena masih labs, maka Video yang di masukkan ke dalam layanan ini masih dibatasi pada video Youtube yang berisi pidato politik. Alasannya karena kualitas audio (vocal) pidato politik biasanya terbaik di banding video jenis lain. Apakah ke depan akan diperluas ? Belum ada konfirmasi dari Google.

3. Gaudi cepat diluncurkan karena moment politik sedang hangat di Amerika, dan sekaligus sebagai Showcase/Pameran Teknologi Google. Baca juga : Gaudi FAQ

4. Misi Google untuk “Meng-organize informasi dunia dan membuatnya secara universal dapat dicapai dan berguna”, sehingga sewaktu lebih banyak isi video dibuat setiap hari, Google Audio Indexing mencoba membuatnya lebih mudah bagi orang untuk menemukan dan memakai isi yang diucapkan dari video tersebut.

5. Kalau dahulu Google hanya bisa mengindeks judul video, maka dengan teknologi ini, Google juga akan mampu mengindeks isi video. Sehingga jika seseorang memiliki dokumentasi video politik dan ia menginginkan dapat terindeks dalam hasil pencarian Google, sekarang ia cukup menguploadnya ke YouTube Political Channel, dan selanjutnya Gaudi akan otomatis mengindeksnya. Nice.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: