Beranda > Artikel > SlotMusic Pesaing iPod ?

SlotMusic Pesaing iPod ?

September 23, 2008 Tinggalkan komentar Go to comments

SanDisk, perusahaan spesialis memory card dan flash memory ini akan meluncurkan lini produk baru yang diposisikan sebagai pengganti CD atau DVD musik. Rencananya produk ini akan dipajang bersama CD dan DVD musik di toko-toko musik. Harganya sekitar $15 dan berisi satu album penuh dari penyanyi bersangkutan.

Para produsen musik memang sedang kelimpungan karena kehadiran iPod. Omzet yang selama ini masuk melalui penjualan CD dan DVD tidak mampu menyaingi popularitas download lagu dari iPod di Apple’s Store. Para penikmat musik juga wajar-wajar saja. Bagi mereka, daripada membajak, bukanlah lebih baik membeli lagu memakai iPod mereka seharga $1 per lagu, namun bisa memilih lagu yang diinginkan ? Buat apa membeli satu album yang belum tentu semua lagu akan mereka sukai ?

EMI, Sony BMG, Universal, dan Warner Music bahu membahu bersama SanDisk untuk merintis jalur income baru ini. Diharapkan dengan kerjasama ini, keempat pemain inti dari bisnis musik tingkat dunia tersebut bisa melepaskan ketergantungan dari Apple dan mengembalikan keseimbangan pasar yang sempat terganggu sejak kehadiran iPod.

SanDisk meyakini bahwa lini product baru ini akan segera diterima pasar mengingat tidak diperlukan investasi hardware baru apapun lagi karena SlotMusic didesain untuk langsung dicolokkan ke handphone ataupun digital musik player lainnya.

Sisi negatifnya ? Ada. Kelemahan dari Slot Music adalah sekali ia dicolokkan ke dalam player, maka tidak ada yang bisa menghalangi bagi pengguna yang berniat tidak baik untuk menggandakan lagu-lagu tersebut. Jadi situasinya “back to square zero”. Hal cukup aneh ini nampaknya berangkat dari “keputusasaan” para pemain industri musik besar tersebut akibat turunnya penjualan CD dan DVD tadi akibat iPod. Mungkin, lebih baik dibajak daripada diakuisi !🙂

  1. Belum ada komentar.
  1. Februari 6, 2009 pukul 5:58 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: