Beranda > Artikel, teknologi > Calon-calon Target Akuisisi Apple

Calon-calon Target Akuisisi Apple

Setelah sukses mendulang dolar dari suksesnya iPod dan iPhone, saat ini tabungan Apple di bank mencapai 25 biliun US dolar dengan hutang sebesar $0. Kalau ingin perbandingannya, uang tunai sebanyak itu senilai dengan kira-kira 1/3 kekayaan Bill Gates.

Saat ini saham Apple dimiliki oleh diantaranya Bill Gates dan Pangeran Al Waleed bin Talal dari Arab Saudi sebesar masing-masing 5% saham. Dengan saham terbesar masih dimiliki oleh publik.

Kesuksesan Apple ini tidak terlepas dari kesuksesan iPhone di pasar global. Strategi Apple (Steve Jobs) untuk meraih posisi no 3 di pasar mobile phone ini adalah membuat produk tunggal yang menarik, yang berlawanan dengan strategi Nokia dan Samsung yang menggelar banyak variasi handphone. Ternyata strategi ini memang berhasil.

Dengan dana sebesar itu dan ditengah merosotnya harga-harga saham perusahaan di seluruh dunia, maka logis jika Apple kemudian ingin mencari pijakan berikutnya untuk terus tumbuh. Caranya, akuisisi perusahaan potensial.

Kami mendaftar beberapa perusahaan yang mungkin bisa memenuhi “selera” Apple untuk dicaplok. Jika di masa lalu kebanyakan perusahaan yang dibeli Apple adalah perusahaan berbasis software/content, maka ke depan kami menduga tidak akan jauh-jauh dari pola ini.

1. Adobe (Flash Technology, AIR, Flex), meskipun sepintas terlihat tidak sesuai dengan selera Steve Jobs dalam memilih perusahaan yang akan dibeli (Steve menyukai perusahaan kecil yang potensial dan unique seperti Pixar), namun ke depan formasi bisnis IT yang akan berkisar di masalah internet akan membuat Adobe masuk dalam target tembakan. Selain itu fenomena Adobe nampaknya memang harus membuat salah satu perusahaan besar IT bergerak membelinya, jika tidak ingin didahului. Mengapa bukan SUN dengan Javanya yg seharusnya dibeli ? Hal yang sama mengapa Yahoo tidak dibeli oleh Google: Eric Schmidt CEO Google adalah juga salah satu direktur Apple. Sedangkan SUN dan Yahoo mirip dalam banyak hal: keluarga Stanford University. Harga yang harus dibayar oleh Apple kira-kira separuh lebih dari tabungannya.

2. Akamai Technologies ; hubungan dengan Apple: Apple adalah salah satu client utama Akamai yang menyediakan semua layanan internet Apple. Apple juga pemegang 5% saham minoritas di Akamai. Harga yang harus dibayar : 2.5 billiun dollar. Akamai adalah ISP yang juga melayani Microsoft.

3. GameConsole ; karena konten adalah bisnis Apple, maka lini produk game console adalah yang belum terlalu diseriusi oleh Apple. Dengan sukses iPod dan iPhone, mungkin saja -sama seperti Microsoft- Apple akan menelurkan iGame atau iConsole sebagai produk berikutnya. Terlebih setelah iTV tertahan pengembangannya. Target perusahaan diantaranya : Midway Games (Mortal Kombat, dll), Konami (Winning Eleven, Metal Gears,dll)

Update : 14/12/2008 : Apple menantang Nintendo dan Sony PS

(Update 1/11/2008: Apple merekrut Mark Papermaster, Vice President Microprocessor IBM setelah sebelumnya membeli PA Semi, sebuah perusahaan kecil yang memproduksi semikonduktor berbasis Power PC architecture. PA Semi dikenal sebagai produsen mikroprocessor hemat energi dan Mark Papermaster oleh IBM disebut sebagai “sangat berpengalaman” di bidang mikroprocessor hemat energi. Dari kedua fakta ini, nampaknya fokus Apple kedepan adalah memproduksi sendiri chip untuk produk2nya, setelah sebelumnya sangat bergantung kepada IBM dan Intel. Besar kemungkinan Apple bertujuan ingin menurunkan harga produk-produk konsumernya seperti iPod dan iPhone karena persaingannya dengan Google Android dan Sandisk)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: