Beranda > Artikel, Internet > Kapankah Google Menggantikan Posisi Microsoft ?

Kapankah Google Menggantikan Posisi Microsoft ?

Kejayaan Microsoft nampaknya memang telah memasuki tanda-tanda akhir dari siklusnya. Setelah gagal di Vista dan ditolak Yahoo, laporan penjualan laptop kuartal dari Amazon menyebutkan penurunan produk-produk berbasis Microsoft akibat dari peningkatan penjualan Mac dan Linux NetBook. Trend mingguan terakhir di lapangan menunjukkan trend penurunan penjualan produk Microsoft juga semakin dipicu oleh melemahnya perekonomian di seluruh dunia akibat krisis keuangan global. Bagaimana perkembangan persaingannya dengan Google ? Meskipun masih dalam skala tahun, namun trend pergeseran menunjukan indikasi ke arah keunggulan Google.

Dari tabel trend di atas dapatlah disimpulkan bahwa pendapatan Microsoft cenderung flat sedangkan pendapatan Google cenderung meningkat. Jika trend ini terus berlanjut, maka selambatnya 3 tahun lagi Google akan mampu menyamai Microsoft.

Bagaimana dengan upaya bisnis internet dari Microsoft ? Google semakin tak terkejar. Dengan trend flat di pihak Microsoft. Terakhir Microsoft meluncurkan produk Cloud Computing Azure (Beta) yang dihadapkan langsung dengan Amazon AWS, namun Google Apps Engine selambatnya Maret 2009 juga akan meluncurkan platform baru selain python yang diperkirakan berupa Java Compatible Apps Engine atau PHP atau Ruby and Rails. Dan untuk lebih menambah kusutnya peta persaingan , platform facebook-apps-microsoft juga disaingi oleh yahoo-apps yg akan diluncurkan awal November 2008 ini.

Apakah Google juga terpengaruh krisis Global ? Tentu saja karena bisnis Google berskala Global. Namun Strategi Google yang memasuki pasar Mobile Phone (Android) diperkirakan mampu membawa trend positif ke depan karena skala pengguna handphone yang 3 kali lipat pengguna PC. Selain itu arus kas masuk dari YouTube mulai menunjukkan trend peningkatan.

Apakah bisa terjadi lebih cepat ? Bisa Anda perkirakan sendiri dari fakta berikut : 1. Google memulai bisnisnya 4 tahun setelah Microsoft memulai online bisnis. 2. Bisnis Online Microsoft menyumbang hanya 11% dari total pendapatan Mirosoft. 3. Google Apps Engine dan layanan Office yang terintegrasi disediakan gratis, sedangkan pendapatan utama Microsoft adalah dari penjualan Microsoft Office dan dijual pada harga premium.

  1. Belum ada komentar.
  1. Februari 2, 2009 pukul 3:28 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: