Beranda > Artikel, teknologi > Dari IBM Labs: 3 Terobosan Teknologi

Dari IBM Labs: 3 Terobosan Teknologi

Dari sekian banyak pentolan teknologi, IBM adalah salah satu yang lumayan terlupakan. Di masa jayanya IBM sejajar dengan Microsoft saat ini.

Dari INTEL DEVELOPER FORUM, San Francisco, Aug. 21, 2008 diperoleh kabar mengenai project-project rintisan IBM agar tetap memimpin klasemen keunggulan teknologi :

1. Wireless Power

Teknologi “nyentrik” ini berkisar pada tantangan menjawab masalah mobilitas. Dengan teknologi ini, maka IBM memilih menyalip di tikungan para pesaingnya. Sementara perusahaan lain berinvestasi pada riset-riset teknologi baterai yang semakin kecil dan tahan lama, IBM memilih untuk berpikir lateral dengan melompat pada pendekatan yang sama sekali baru: Electricity Yes, Baterai No. Jadi IBM berusaha membuat teknologi untuk bisa mengalirkan listrik tanpa kabel. Berbasis pada fisika teori mengenai Resonansi Suara (seperti yang terjadi pada fenomena pecahnya gelas karena suara high frekuensi dari seorang penyanyi opera), maka partikel atau electron juga bisa mengalami hal yg sama jika diperoleh kalkulasi frekuensi yang serupa. Jadi sebuah kawat dialiri listrik bolak balik dengan frekuensi 10 Mhz dan kawat serupa di letakkan tak jauh dari kawat pertama. Ternyata elektron pada kawat kedua bergerak dengan frekuensi yg sama dan eksperimen ini telah berhasil membuat sebuah bohlam 60 watt menyala tanpa baterai ! Efisiensi energy mencapai 70%.

2. Material yang bisa diprogram.

Insinyur IBM membayangkan sebuah generasi baru material pembentuk komponen komputer sebagai unit-unit pasukan berukuran nano yang bisa diprogram untuk membentuk formasi tertentu. Targetnya adalah casing komputer, keyboard dan komponen display yang bisa berubah sesuai ukuran penggunanya. Selain itu terbuka juga peluang untuk memanfaatkan teknologi ini untuk mengganti silikon pada produksi chip dan membuat chip yg berukuran lebih kecil.

3. Robot

Tidak ingin tertinggal dengan insinyur Jepang yang telah lebih dahulu menancapkan kemajuan teknologi robot yang lebih humanis, IBM juga berusaha memacu kemajuan teknologi robot agar bisa memindahkan robot dari pabrik ke rumah tangga. Salah satu teknologi yang dikembangkan dan lumayan sukses adalah teknologi untuk mengendalikan robot dengan pikiran manusia. Jadi sebuah sensor atau headset sudah dikembangkan dan mampu membedakan 30 sinyal berbeda dari gelombang pikiran manusia. Cukup si pengguna berpikir, maka robot bisa diperintah untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Sumber : disini

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: