Beranda > Artikel > Strategy Google vs Strategy Microsoft (1)

Strategy Google vs Strategy Microsoft (1)

Ketika era desktop mulai bergerak ke era network (internet) sekarang ini, 2 pemain utama dari permainan internet yakni Google dan Microsoft saling adu strategy untuk saling mengungguli. Keduanya punya keterbatasan yg sama yakni sama-sama tidak ingin melewati garis monopoli. Terakhir Google disemprit wasit karena kerjasama iklan dengan Yahoo-nya dianggap telah melampaui 50% pasar iklan online.

Yang jarang disorot oleh media adalah bagaimana sebenarnya strategi mereka sebenarnya. Dan apa akibatnya bagi kita sebagai pengguna internet ?

Kesamaan Strategy mereka:
1. sama-sama ingin menciptakan platform aplikasi internet yg dominan melalui penciptaan perangkat lunak yang canggih dan bisa luas diterima pengguna internet. Microsoft melalui SilverLight-nya dan Google melalui Google Code-nya (Open Web). Kuda hitam dari permainan ini adalah platform Adobe Flash-Action Script yg defacto telah menguasai hampir 15% aplikasi web apps generasi terbaru. Selain berupaya mendorong platform mereka agar mendominasi, mereka juga sama-sama tidak ingin dituduh monopoli.
2. Sama-sama “menyerap” dana dari pengguna untuk diinvestasikan kembali ke depan.

Perbedaan mereka:
1. Google tidak berusaha menciptakan platform yg sama sekali baru, Google meneruskan dan berusaha mempengaruhi “Open Web” standart. (HTML, CSS, Java Script, Web Browser as platform, dll). Microsoft dan Adobe berusaha menciptakan platform baru yg terpisah/berdiri sendiri, mirip dengan langkah Sun dan Java platformnya (yang bisa dibilang tidak terlalu berhasil)
2. Microsoft masih mengandalkan revenue-nya dari penjualan langsung software2nya, Google memakai strategy “media” dgn menjual space iklan kepada penggunanya. Baca juga : Kapankah Revenue Google mengalahkan Microsoft ?

Bersambung ke tulisan ke-2 : Apa akibatnya bagi kita sebagai pengguna internet ?microsoftvsgoogle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: