Beranda > Bisnis, Internet, teknologi > Perang Pembajak vs Hollywood

Perang Pembajak vs Hollywood

Setelah berusaha menggunakan format terkode teknologi DVD, yang segera dibalas oleh cracker dengan membuat decoder DVD. Fakta baru muncul yakni potongan klip DVD dari film Batman terbaru yang dipotong 9 menitan dan di publish di internet via situs internet China yang terkenal sulit penuntutan hukumnya. Padahal Warner Brothers sedang memfokuskan pengawasan setiap langkah peredaran film Dark Night, malah kecolongan.

Hollywood sebelumnya telah bergerak menuntut Youtube untuk memfilter content-content ber hak cipta di situsnya. Setelah Youtube berhasil dipegang, para pembajak malahan meluncurkan FULL CLIP dari film-film terbaru Hollywood di situs Supernova Tube atau situs lainnya. Tidak seperti Youtube yang membatasi durasi clip, supernova tube membolehkan pengguna untuk upload full clip panjang sekalipun.

Nilai kerugian produsen diperkirakan mencapai 40 s/d 50 persen. Misalnya film serial TV NBC Heroes yang ditonton 10 juta orang per episode nya, ternyata telah didownload sebanyak 5 juta pada saat yang sama di situs torrent.

Kesulitan utama produsen untuk mencegahnya yakni bahwa para pembajak selalu berhasil menghilangkan jejak di balik proxy berlapis (anonim sender).

Belum lagi masalah free-proxy yang dibuat untuk membuat no ip tertentu menjadi milik umum, sehingga sulit untuk mencari pelakunya. Sama persis dengan jika anda memakai komputer warnet. Penyidik bisa kehilangan jejak disini. Biaya dan waktu yang dikeluarkan menjadi tak bisa diterima. Bingung khan?

Faktor kedua yang menyulitkan adalah konsumen internet memang mencari produk-produk tersebut bukan untuk tujuan mencuri, namun karena anggapan streaming itu berbeda dengan downloading. Mereka beranggapan streaming tidak membajak karena sama dengan nonton TV. Jadi demand memang ada. Lain soal kalau mereka kemudian memutuskan menyimpannya di harddisk.

Yang tidak bisa diatasi adalah protocol torrent yang melibatkan jaringan begitu banyak pengguna yang saling berbagi bandwidth untuk mendownload materi illegal. Apakah akan menuntut semua orang yang tersebar di seluruh dunia? Sulit dijawab.

Jadi Hollywood menang melawan pembajak di sektor video clips, namun malah kalah telak di Full Length DVD. Perang Hollywood terhadap para pembajak hak intelektual seolah tak pernah berakhir.appletv

Karena masalah seperti ini Steve Jobs dari Apple melihat peluang dengan meluncurkan iPod dan sebentar lagi iTV (kalau isunya benar). Jadi pembajak akan dihadapkan pada hardware, bukan lagi software. Namun masalah lain muncul karena pihak produsen berkeberatan karena membuat mereka tergantung kepada Apple. Buktinya mereka meluncurkan product yang bekerja sama dengan SanDisk justru untuk meretas dominasi Apple.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: