Beranda > Artikel, Bisnis, Internet, linux, teknologi > Gerakan Tak Terduga dari Google

Gerakan Tak Terduga dari Google

Sebelumnya ketika Google meluncurkan project Android, publik mengira ini adalah project murni hanya untuk sistem operasi smart phone G1. Dan skalanya hanya akan terbatas pada sukses tidaknya handset G1 di pasaran.

Kalau melihat banyak pemain veteran seperti Nokia, Samsung, dan Sony Ericcson, belum lagi Apple dengan iPhone-nya, maka tidak terlalu berlebihan nampaknya jika publik memandang bahwa masih akan panjang jalan Google untuk menjadi pemenang di sektor ini.

androidapps

Karena itu tidak terlalu pentinglah kehadiran Android (sebagai sistem operasi) karena masih ada Symbian (Nokia) dan Windows Mobile.

Namun ketika CEO Asus mengatakan akan meluncurkan lini Netbook atau variasi nya yang berbasis Android (EEE Phone), barulah orang mulai tersadar dan mulai meraba gerak arah Google dalam pengembangan Android sebenarnya: mengalahkan Microsoft di pusat kekuatannya (Operating System), bukan Nokia, bukan pula pemain lain. Ini bagaikan pukulan dari kegelapan yang menyengat Microsoft.

Ya, bukankah ini berarti meluncurkan pesaing langsung di sektor sistem operasi Desktop komputer ? Karena jika jalan di netbook, berarti pula jalan di PC ?

Jalan ZigZag Google ini, cepat atau lambat mungkin terjadi. Selama ini linux dikenal sulit melintas dominasi Microsoft windows. Setelah hampir 20 tahun dikembangkan, Linux, dengan sekian banyak distronya, masih terseok di kisaran 1 s/d 2 persen saja dari total market desktop OS dunia (namun di sektor server linux adalah raja). Aksi “keroyokan” distro-distro linux tidak juga mampu menggoyahkan Microsoft Windows yang masih memegang 85-90% market share.

Dengan back up perusahaan sekelas Google, mungkin akan lain ceritanya. Android akan menjadi semacam “perusak pasar” bagi Microsoft. Ketika Windows masih dijual, Android gratis di download. Bersama distro lain yang telah mapan aksi keroyokan bisa berubah menjadi aksi terstruktur.

Dan bukankah akan menarik bagi kita para pengguna untuk memiliki komputer yang bisa diutak-atik sesuai kebutuhan kita, lalu bisa diinstal secara total di handphone kita ? Atau juga sebaliknya ? Keren abis.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: