Beranda > Artikel > qzhttp: Web Server China yang Fenomenal

qzhttp: Web Server China yang Fenomenal

Setelah Web Server Rusia, Sekarang Web Server China

Setelah nama Rusia terangkat karena “ulah” seorang programmernya (Igor Sysoev) yang mampu membuat sendirian webserver (nginx) yang cepat populer karena kemampuannya menghandle dengan sangat baik request kelas berat, sehingga akhirnya dipercaya dan dipakai oleh situs2 non Rusia, FastMail.fm dan WordPress. Sekarang muncul fenomena qq.com yang dengan cepat membuat data Netcraft.com berubah total, karena dalam sebulan terakhir baru teridentifikasi sebagai jenis web server baru bercode qzhttp.

netcraf

Apakah qzhttp ? Qzhttp adalah webserver yang dipakai oleh jaringan subdomain blog dibawah qq.com (China) yang menurut Netcraft jumlahnya melebihi jaringan blogger.com. Jadi Alexa Rank pun belum mengidentifikasi dengan tepat raksasa tidur yang ternyata ada ini (qq.com ada pada rank 16 dunia sedangkan blogger.com ada di rank 8 dunia di Alexa. Entah mana yang benar, Alexa atau Netcraft) .

Yang jelas hal ini mengundang ketertarikan webmaster seluruh dunia untuk membuat perbandingan performance dengan misalnya Apache atau IIS, dua besar web server yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Sayangnya Qzhttp tidak gratis dan closed source.

Qzhttp adalah proprietary web server yang dimiliki oleh perusahaan software China bernama Tencent. Seorang pegawai Tencent mengatakan Qzhttp dibangun dari nol dan bukan turunan dari web server manapun. Namun hanya sebatas itu, selebihnya masih misteri.

Ada orang yang mengatakan Qzhttp tak lebih dari turunan Apache atau thttp. Karena log respon web server mereka yang mirip bahkan sama. Tencent diduga hanya merebranded produk Open Source Software dan mengakui sebagai miliknya. Masalahnya, kami sependapat dengan salah satu komentar anonim yang mengatakan, mungkinkah Netcraft.com sebodoh itu ?

Pertanyaan belum terjawab, namun satu hal pasti qzhttp menjadi webserver paling menarik saat ini. Orang tertarik karena kemisteriusan China, dan apa yang telah mereka capai. Jangan-jangan apa yang kita anggap benar selama ini, ternyata sudah masa lalu bagi programmer China ?🙂

  1. afiz09
    Maret 6, 2009 pukul 6:31 am

    Banyak kemajuan china yang masih jadi misteri orang. Mungkin web server tersebut berhubungan dengan pihak militer, jadi tidak banyak berita tentang hal tersebut

    UO: Ada kisah kecil menarik di salah satu link diatas. Kami melihat US dan China seperti 2 kakak beradik yang sering berebut mainan ….:)
    Sewaktu pegawai Tencent mengatakan bahwa qzhttp tidak berhubungan dengan OSS apapun, disentil “kakaknya” dari US:

    “Yah, right….dan di susu bayi produksi China tidak ada melaminnya…”

    dibalas lagi oleh si pegawai China:
    “Yoi, semua orang China memang hidup dari memproduksi susu beracun, sama seperti Semua orang Amerika senang-senang menyiksa orang di penjara Abu Ghuraib…”

    Mestinya yang dari Indonesia langsung turun tangan ….sebagai juru damai….:
    “Uda-uda…..jangan bertengkar….kita ngomongin web server khan ? Kok malah pada ngomongin susunya si Abu?” hehe

  2. Mei 17, 2009 pukul 2:56 am

    fenomenal & luar biasa…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: