Beranda > Artikel > Seorang Pria Menuntut Google dan Menang

Seorang Pria Menuntut Google dan Menang

aaronAaron Greenspan adalah seorang pemegang account adsense yang di ban Google karena alasan “terlalu beresiko terhadap pemegang account adword pesaing”. Nampaknya Aaron dan perusahaannya dilaporkan oleh perusahaan pesaing. Situs Aaron memperoleh $721 sebelum diban oleh Google.

Tidak terima dengan perlakuan Google, Aaron memforward kasusnya ke bagian legal/hukum perusahaannya. Tak lama Aaron dan pengacara Google beragument di depan hakim pengadilan.

Pengacara Google berketetapan untuk merujuk pada pasal “Google berhak dengan alasan apapun dan tanpa kewajiban pemberitahuan untuk membatalkan account adsense seseorang dan membatalkan pembayaran. Dan itu telah disetujui Aaron”.

Namun Aaron membalik argumentasi tersebut, “Bukan dengan alasan apapun. Anda tidak berhak membatalkan account adsense seseorang hanya karena dia bermata biru atau coklat dll. Argumentasi anda mengenai ‘terlalu beresiko’ harus diperjelas dan didukung bukti yang nyata.”

Maka pengacara Google datang dengan hasil print out laporan dari server Google. Dibalas lagi oleh pengacara Aaron, “Bagaimana Google bisa menjelaskan hanya karena data statistik menunjukkan Aaron bersalah, maka Aaron memang benar bersalah ? Bagaimana jika program statistik anda yang salah?”

Karena hakimnya setuju bahwa pasal Google berhak dengan alasan apapun tidaklah transparan, maka hakim memerintahkan Google untuk membayar hak Aaron sebesar $721, namun hakim juga tidak punya kekuatan hukum untuk mengembalikan account Aaron yang telah didisable Google, karena ia hanya seorang hakim lokal. Pengacara Google masih  mengatakan, “Ini tidak adil, bagaimana jika semua orang yang dibatalkan accountnya, menuntut Google?”

Aaron yang tersenyum menang mengatakan di dalam blognya, “Seharusnya, semua orang menuntut Google karena mereka tidak transparan dengan pasal itu”

Susah juga ya punya perusahaan sebesar Google..? Kami berpendapat, memang inilah titik lemah pola bisnis iklan Google. Seseorang bisa dengan mudah merugikan perusahaan pesaingnya dengan hanya menklik iklan, tentu tanpa maksud membeli. Nampaknya pasal perlindungan Google juga terlalu lemah dan terbukti bisa kalah hanya oleh perseorangan….

Catatan tech19: Aaron Greenspan adalah orang yang sama yang mengaku memiliki ide dan menyewa Mark Zuckerberg untuk membuat situs semacam facebook. Dibelakang hari ketika facebook sukses, Aaron membuat surat terbuka yang menuduh Mark “mencuri” idenya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: