Beranda > Bisnis > Micro Car: Jawaban Krisis Ekonomi Global

Micro Car: Jawaban Krisis Ekonomi Global

Produsen Mobil asal India yang dimiliki oleh keluarga Tata, memiliki jawaban atas krisis ekonomi global yang turut menghantam industri mobil: meluncurkan mobil compact yang berisi 4 penumpang. Bermesin 623cc, perliternya mobil ini bisa menempuh jarak 21 kilometer. Mobil termurah sedunia.

Peluncuran mobil ini langsung di pusat industri mobl USA di Detroit Car Expo menarik perhatian media dan industri pesaing. Tampilannya yang cute, futuristic, dan disukai orang muda makin menambah daftar penderitaan industri mobil USA yang tengah megap-megap. Meski Tata sebenarnya juga tengah megap-megap sehabis membeli merk Jaguar dan LandRover dari Ford Motor Company tahun lalu.

Tata berusaha membuat pasar baru untuk industri mobilnya. Ketimbang memilih bersaing dengan jenis mobil Jepang yang sukses di pasaran. Pesaing juga cepat merespon dengan lini mobil serupa (Hyundai dengan $3500 car, dan dari India sendiri Bajaj yang akan meluncurkan $2500 car.)

tatanano

Harga pabrik dari mobil ini pada perencanaan awal dibudget sebesar $2000. (Rp.24 juta). Namun karena beberapa masalah dalam produksi akhirnya harganya naik menjadi $2500 atau 30 juta.

tatanano1

Bagaimana cara industri mobil pesaing menghadapi gelombang inovasi Nano Car dari India ? Menyerang sisi lain dari industri mobil yakni Asuransi Mobil. Pasar dibuat wait and see mengenai harga jual kembali mobil tersebut di pasaran second dengan menunda penghitungan asuransi mobil nano atau menaikkan preminya karena alasan beresiko tinggi sehingga harga nano bisa lebih dari $2500. (1)

Industri mobil adalah salah satu industri yang sangat tergantung industri finansial. Mulai dari pembiayaan s/d asuransi turut membantu meningkatkan penjualan. Orang yang membeli mobil secara kredit adalah orang membayar mobil dengan penghasilannya di masa depan. Jadi kalau industri mobil dulu terlihat gegap gempita, maka sebenarnya itu merupakan gelembung yang siap meletus. Yakni ketika ekonomi mulai melemah dan penghasilan orang mulai menurun.

Industri finansial pula-lah yang bertanggung jawab terhadap krisis ekonomi global. Mereka terlampau rakus untuk menyedot penghasilan orang kecil di masa depan, dengan menawarkan produk sesuai kemampuan bayar mereka di masa depan, namun hanya menyisakan sedikit untuk pengeluaran cash, maka wajarlah kalau ekonomi sekarang melemah. Daya beli menghilang.

Lucunya, industri finansial di level atas malah bermain dengan produk spekulative yang berjudi dengan dana melimpah milik orang kaya dan lembaga finansial lain, dan ternyata berujung di tangan satu orang penipu terbesar sepanjang sejarah: Bernard Madoff. Gile bener ni orang, ngangkangin uang orang sedunia.

Kembali ke urusan Mobil Mikro, Indonesia (Ya, Indonesia) tahun ini merencanakan juga peluncuran produksi mobil mikro. Diproduksi oleh PT Inka (Produsen Kereta Api Nasional), mobil mikro asli Indonesia ini 98% diproduksi di dalam negeri kecuali satu komponen saja: karburator. Mesinnya berkapasitas setara dengan Tata’s car yakni dikisaran 600cc, dan mampu menempuh 25 km per liternya. Yang menarik, mobil ini akan dijual pada harga 40 s/d 50 juta. Jadi kira-kira akan sama dengan Tata’s car, semisal mobil India itu masuk ke Indonesia. Buat kita yang masih pusing membayar cicilan sepeda motor, kok masih mahal ya hehe.

  1. Maret 22, 2009 pukul 4:55 pm

    boleh juga idenya mobil murah dan desainnya juga bagus. Tapi kalau masuk Indonesia, apakah nanti Jakarta tidak semakin macet?

    UO: Pasti tidak, karena yang macet jalannya, bukan Jakartanya hehe

  2. Cantika
    Mei 12, 2009 pukul 8:41 pm

    Wuih…
    Mau dunk…
    Kapan masuk ke Indonesia…
    Unik, simple dan murah….

    UO: blm ada info kapan masuk indonesiašŸ˜¦

  3. Mas Zuhdi
    Agustus 14, 2009 pukul 11:46 pm

    OK tuh pas sekali untuk masuk gang rumahku yg sempit

  4. Afriandi
    April 30, 2010 pukul 12:41 am

    mudah2an cepat masuk ke indonesia, biar gk kepanasan dan gk kehujanan di jalan lagi.

    UO: udah tau Marlip ? Buatan aslee Indonesia…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: