Beranda > Bisnis > Pelajaran Berharga dari Pengalaman Summize.com

Pelajaran Berharga dari Pengalaman Summize.com

Ketika memulai online, Summize.com tidak pernah membayangkan akan laku dijual senilai $15 juta dollar (180 milyar rupiah). Karena  pembelinya yakni twitter.com sebenarnya telah memiliki sendiri fungsionalitas yang ditawarkan summize yakni pencarian data khusus twitter.com.

Karena kebetulan sajalah yang membuat twitter akhirnya melirik summize.com. Waktu itu twitter mengalami pukulan traffic diluar dugaan yang terjadi secara tiba-tiba akibat popularitas mendadak. Akibatnya, fitur pencarian milik twitter yang merupakan salah satu fitur paling mendasar juga terpengaruh lalu menjadi sumber keluhan pengguna fanatik twitter.

Didahului oleh buzz kritikan dari salah seorang twitterer dan blogger berpengaruh yang mendorong twitter untuk mengakuisisi summize, akhirnya twitter jadi juga membeli summize. Lima orang programmer dibawah bendera betaworks.com  bagai kejatuhan durian runtuh (benjol). Selain dapat uang cash, mereka juga memperoleh bagian saham twitter!

summize

Pelajaran dari kesuksesan summize.com:

1. Awali dengan membuat sebuah fungsionalitas yang sederhana. Guna situs haruslah mudah dimengerti. Contoh lain, saat ini betaworks.com juga punya produk sederhana yang killer yakni bit.ly. Produk ini direncanakan akan menjadi alternatif Google real time, karena pada dasarnya algoritma Google page rank didasarkan pada link, sedangkan bit.ly adalah produk yang punya data saat link dibuat.

2. Sulaplah kompleksitas menjadi sesuatu yang bekerja dibelakang layar. Kalau bisa ditemukan fitur yang bisa disederhanakan, sederhanakanlah.

3. Seiring pertambahan pengguna, munculkan ke permukaan fitur yang disederhanakan tersebut dilabel sebagai fitur baru. Tambahkan pula fitur-fitur pelengkap lain pada tahap selanjutnya.

4. Tidak perlu ide anda benar-benar baru. Kalau perlu mencontohlah dengan sedikit perbedaan atau perbaikan.

dan kelima : tunggu durian jatuh🙂

Link perusahaan pembuat summize.com.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: