Beranda > Google, Open Source > App Engine Support Bahasa Pemrograman Baru

App Engine Support Bahasa Pemrograman Baru

Setelah sekian waktu hanya support Python, Google akhirnya meluncurkan bahasa pemrograman baru di App Engine (tanpa diduga sama sekali) : Fortran 77 !

Ni bahasa ‘kuno’ banget, sampai-sampai Om Malik (seorang blogger ternama) juga terkecoh. Kami memperkirakan Ruby and Rails, PHP, atau Java, semua mainstream language, ternyata jauh di luar dugaan.

Perkiraan kami bahwa Google tentu bersaing dengan Amazon AWS, namun rupa-rupanya Fortran 77 yang sama sekali tidak mainstream-lah yang dipilih Google, semakin menunjukkan bahwa Google memang tidak terobsesi persaingan.

Fortran adalah bahasa yang umum dipakai pada pemrograman teknik dan pemrograman matematika. Fortran singkatan dari Formula Translation, adalah bahasa selevel C dan C++ namun lebih tua (1957). Jadi Fortran adalah bahasa pertama yang dihasilkan scientist di atas Asembler. Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai bahasa untuk ‘kartu berlubang’. Karena levelnya yang selevel bahasa C, maka Fortran juga sangat cepat eksekusinya. Mungkin karena faktor inilah Google memilihnya. Rating supercomputer dunia juga dibuat dengan bahasa Fortran.

Selain itu panjang code fortran umumnya lebih pendek daripada C. Kalau ada 100 baris code bahasa C, maka Fortran cukup dengan 80 baris code.

Sangking kunonya Fortran, di kantor kami ada Joke yang beredar, sebentar lagi, setelah Fortran 77, maka App Engine akan support …… bahasa Asembler. Makin pusing-lah kita.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: