Beranda > Breaking News > Akhirnya Google App Engine Support Java !

Akhirnya Google App Engine Support Java !

Untuk 10.000 developer java yang beruntung, Google memberikan kesempatan untuk menjadi tester penerapan Java di App Engine. Setelah sempat mengecewakan dengan meluncurkan Fortran77 yang dianggap ketinggalan jaman, Google akhirnya, sesuai jadwal, meluncurkan Java sebagai Run Time Language mendampingi Python yang telah lebih dulu disupport. Hurah !

javaappengine

Berarti Om Malik dengan sumber internal di Google tidak salah. Kami yang keliru  dengan mencatat Om Malik terkecoh.🙂. (Maaf ya Om … maklum anak baru kurang diajar)

Support Java di App Engine tidak terbatas pada Java Library namun termasuk juga Java Tooling seperti Eclipse IDE Plugin. Sementara ini tidak semua library disupport, beberapa yang bisa disebutkan ialah javax.mail, javax.cache, dan java Servlet API.

Dan seperti diperkirakan Om Malik, engine yang mirip dengan Android memang diterapkan di edisi ini. Untuk mengatasi masalah pengaplingan resources oleh Java Virtual Machine, maka sistem sandboxing mirip di engine Android (Dalvik) diterapkan disini. Meskipun tidak dibuka untuk umum, namun besar kemungkinan JVM yang ada di App Engine ini, adalah JVM yang sama di Android.

Satu hal yang pasti: dengan pengumuman Google App Engine support Java ini, maka Java Hosting yang terkenal mahal akan kebakaran jenggot. Untuk yang termurah dengan resources yang sangat terbatas (minimal), Java Hosting menerapkan tarif umumnya $5 per bulan !. Sedangkan App Engine (jk tidak ada perubahan) support s/d 5 juta visitor per bulan secara GRATIS.

Kekurangannya ? Tentu ada, kurang fleksibel karena hanya support matriks-matriks dasar. Cron support, database import, dan akses ke http di balik firewall baru saja diluncurkan.

Kalau kami diapprove, kami akan post lagi disini.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: