Beranda > Breaking News, Situs Kreatif > Situs Kreatif: WolframAlpha Yang Bikin Merinding

Situs Kreatif: WolframAlpha Yang Bikin Merinding

Seminggu yang lalu tech19 coba-coba menggunakan alat internet baru untuk mencari informasi secara online temuan Prof Stephen Wolfram yang tayang di :

http://www.wolframalpha.com/index.html .

Mengapa kami sebut alat dan bukan search engine ? Singkatnya, karena mereka sendiri yang menyebutnya begitu.

Jadi ceritanya, minggu lalu kami sempat keliru-paham. Kami mengira WolframAlpha (WA) adalah sebuah Search Engine sama halnya Google dan lain-lain. Kontan saja setelah beberapa menit mencoba, kami buru-buru tutup tab browser karena menilai WA masih kalah jauh dibandingkan Google. Masih lebih baik Google search result. Terlebih ada kata Alpha-nya, makin meyakinkan kami kalau memang situs tersebut masih berada pada tahap testing.

—–%—–

Namun satu ulasan dari FAQ WA membuat kami hari ini tertarik sekali lagi melongok ke WA dan baru menyadari bahwa WolframAlpha ternyata bukan SearchEngine yang karena itu tidak bisa dibandingkan begitu saja dengan Google. Ini masalah Apel dengan Jeruk.

1. WA tidak mengcrawl web sama sekali. Sedangkan Google rutin mengupdate basis datanya dengan menjelajah web secara otomatis.

2. WA memiliki database sendiri yang dikumpulkan oleh sekitar 150 orang staf WA yang masing-masing adalah expert di bidangnya dan tersebar pada multi disiplin ilmu, secara bertahap selama beberapa tahun terakhir. Sumber datanya terutama berasal dari referensi-referensi ilmiah yang bertebaran di banyak lembaga di dunia. Google dkk jelas berbasis data web yang belum tentu ilmiah.

3. Google berbicara page rank dan urutan halaman web terkait kata kunci tertentu, sedangkan WA berbicara relevansi kata kunci tersebut dengan data mereka yang bersifat ilmu pengetahuan ilmiah/scientific. Misalnya rumus-rumus kimia, matematika, data-data statistik, dll.

——-%——-

Lalu apa yang membuat merinding ? Apa menariknya rumus matematika teknis ?

1. Kami jadi teringat beberapa tahun lalu pernah mengakses situs-nya Prof Stephen Wolfram dengan A New Kind of Science-nya terutama konsep Automatanya (konsep yang mempercayai bahwa dibalik kompleksitas ada keteraturan dasar yang sederhana dan berulang) terutama karena ia diramalkan oleh analis akan menggantikan Bill Gates menjadi orang terkaya didunia.

Meski sampai sekarang belum terbukti, namun alasan mengapa Prof Stephen Wolfram punya kans untuk menggantikan posisi Bill Gates adalah karena software ciptaannya yang bernama Mathematica punya “tenaga dalam” untuk dihembuskan ke semua bidang kehidupan ataupun bisnis. Mungkin inilah “senjata rahasia” Prof Stephen Wolfram yang disimpan beberapa tahun terakhir.

2. Sejak beberapa tahun lalu, Prof Wolfram berupaya mencari jalan agar melimpahnya data di web bisa dimanfaatkan agar dunia bisa melompat menuju era baru komputerisasi: Artificial Intelegence. Data tidak sekedar dicari kecocokannya dengan keyword tertentu, namun data tersebut perlu dilengkapi software yang canggih agar data tersebut bisa “berbicara” kepada manusia.

Meski belum ada konfirmasi, analis memperkirakan ada bagian dari engine logic Mathematica yang diterapkan di WolframAlpha. (Konfirmasi: Di situsnya dicantumkan bahwa memang benar core engine dari WolframAlpha adalah Mathematica). Dan Wolfram Alpha akan  ditujukan sebagai skeleton (tulang-belulang) bagi data internet yang cair. Mungkin karena itu, pengetahuan ilmiah-lah yang didahulukan agar (mungkin) data web nantinya akan dirank berdasar referensi ilmiah yang valid tidak sekedar siapa yang paling banyak incoming linknya seperti Google sekarang.

Saat ini link ke web search (Google) ada di sebelah kanan bawah situs ini. Untuk tahap ini nampaknya WolframAlpha lebh mengancam Wikipedia ketimbang Google. Entah lagi versi betanya.

3. berbeda dengan search engine yang mencocokan indeks dengan kata kunci yang diinginkan, situs WA memerintahkan komputer untuk berpikir secara riil time untuk memperoleh hasil. Ya, berpikir (berlogika). Untuk setiap kata kunci berbeda, WA akan menempuh tahap dan jalan berbeda setiap kali. Karena itu kalau anda perhatikan halaman hasil tidak langsung tersaji begitu saja. Ada tahap-tahap pekerjaan yang berbeda untuk tiap kata kunci tertentu. WA meniru cara kerja otak manusia namun secara digital. (kata meniru sebenarnya tidak tepat menggambarkan, karena WA lebih kepada menemukan kembali prinsip dasar algoritma sistem apapun, termasuk otak manusia)

Contoh bermacam hasil komputasi WolframAlpha, jenis data hasil berbeda untuk kata kunci berbeda:

contohwa

———————————————————

Tambahan baru setelah 2 jam lalu :

1. Coba anda ketikkan kata “Indonesia” misalnya. Lalu anda perhatikan hasilnya. Banyak hal menarik yang kalau di Google agak sulit / rumit menemukannya, misalnya fakta bahwa kita ada di peringkat 96 untuk tingkat pengangguran (untung bukan no 1). Lalu fakta bahwa rata2 umur orang indonesia sekarang adalah 27 tahun dan harapan hidup s/d 70 tahun.  Lalu cobalah anda klik sekali lagi tanda “=” di kotak input, WA menyajikan data baru = gambar peta. Dengan begini para pelajar makin mudah membuat papernya.🙂

2. Kami memasukkan input tanggal lahir. Disajikan hasil pertama. Di antaranya tanggal tersebut dalam format kalender Islam. Lalu kami klik sekali lagi, ditampilkan data baru mengenai panjang siang hari dan kapan matahari terbit pada tanggal tersebut, jam dan menitnya. Kami klik sekali lagi, ditambahkan data baru mengenai selisih tanggal lahir kami tersebut dengan hari ini sampai ke jumlah harinya !

Hal ini membuktikan bahwa WA memang menempuh algoritma atau jalan berpikir baru setiap kali kita klik. Tergantung phase-nya.

3. WA juga membuat hasil yang kadang-kadang lucu, maklum masih versi alpha. Misalnya ketikkan tanggal lahir + zodiac. Yang keluar nampaknya data bursa saham !?

———————————————————

Kalau WA menemukan blank spot pada databasenya, ia akan jujur berkata: Tidak Tahu. Seperti manusia bukan ? Cobalah bertanya hal apa saja kepada WA. Anda akan terkesima. Where am I ? Who are you ? dll. Coba juga ketikkan tanggal lahir anda. Salah seorang rekan kami senyum-senyum sendiri di depan laptopnya karena dengan WA, dia jadi tahu persis selisih umurnya dengan pacarnya dalam hitungan hari. Lalu mengaitkannya dengan rumus kecocokan jodoh. Nyleneh🙂

Apa yang membuat merinding ? WolframAlpha adalah terobosan dari kerumitan semantic web. Jadi WolframAlpha adalah generasi pertama Komputer yang berpikir, berlogika, dan beradaptasi sesuai phase/tahapannya. WA tidak mengenal skema yang rumit dari semantic web yang digagas para ahli. WA hanya berisi logika dasar universal untuk setiap sistem yang ada di jagad raya. Logika digital 0-1 yang diletakkan pada perspektif Automata temuan Prof Wolfram.

Tulisan berikutnya, kami akan mengulas lebih jauh mengenai konsep “A New Kind of Science” dari Prof Wolfram yang diramalkan oleh sebagian analis merupakan Hal Besar berikutnya dari ilmu pengetahuan setelah Metode Ilmiah dan Komputer.

———————————

Update setelah 3 jam yang lalu:

1. Terkadang muncul informasi mengenai infrastuktur SuperComputer yang digunakan oleh WA adalah hasil kerjasama dengan Dell Inc. Mungkin itu sebabnya WA menyebut team di data center mereka sebagai “World Class Team”.

2. Traffic per 18 Mei 2009 tercatat mencapai 100 juta query yang langsung menurun keesokan harinya s/d 30 juta query. Mungkin 60% dari orang-orang tersebut sama seperti kami, berharap Apel namun yang keluar kok jeruk.

3. Nama yang cocok untuk jenis baru situs ini mungkin: “Fact Engine” atau “Scientific Based Engine” seperti yang diungkapkan oleh SearchEngineWatch.com

  1. Mei 24, 2009 pukul 1:38 pm

    jadi penasaran niey…
    mau coba juga aaah… :p

  2. Mei 27, 2009 pukul 8:06 am

    Yup saya sudah coba kemarin dan cukup impresif. Tidak sabar menunggu intrusi teknologi ini dalam kegiatan web 2.0 lainnya.

  3. Shardi
    Juni 6, 2009 pukul 2:55 am

    Wah bgus banget nh buat nambah pengetahuan

  4. samsul
    Juni 16, 2009 pukul 1:24 pm

    sangat menarik, jadi pengen belajar ilmu pasti lagi neh, kayak masa sma dulu

  5. Oktober 16, 2009 pukul 9:04 am

    Jadi keranjingan make si Wolfram | Alpha.
    Thanks buat infonya.

    UO:sama2x

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: