Beranda > Google > Aplikasi Web dengan Google Apps Script

Aplikasi Web dengan Google Apps Script

Mirip dengan VB script pada aplikasi Word dan Excell, Google meluncurkan Google Apps Script agar pengguna docs.google dan spreadsheet.google bisa mengotomatisasi pekerjaan mereka, misalnya membalas email secara otomatis dengan respon tertentu dan programming sederhana.

pro5

Spreadsheet Google dikenal telah mampu menggantikan fungsi Excell secara online dengan (salah) satu kekurangannya yakni belum bisa membuat ‘macro’. Dengan hadirnya Google Apps Script ini maka semakin lengkaplah Spreadsheet.Google sebagai aplikasi online yang penting sebagai bagian dari Google (Online) Operating System.

Kedepannya, untuk membuat aplikasi sederhana (menerima data dari user, mengkalkulasi respon, dan menampilkan respon akan seperti membuat aplikasi macro di dalam excell. Asyik bukan ?

Sebagaimana telah kita ketahui, Spreadsheet Google telah bisa dipakai untuk membuat form. Namun kita hanya bisa menampilkan summary atau hasil dari isian form tersebut pada spreadsheet.google. Tentu kita ingin membuat sesuatu secara otomatis dengan hasil tersebut bukan? Nah disinilah letak fungsi Google Apps Script: mengakalkulasi hasil isian form dan menampilkan respon secara otomatis kepada user.

Ke depannya kami yakin ini akan membuat banyak pengguna internet  seperti kita bisa membuat aplikasi web yang didevelop tanpa programming yang berat. Dan ini berarti satu langkah lagi bagi Google untuk menjadi defakto raja Sistem Operasi Internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: