Beranda > Google, Open Source, Open Source > Google Chrome OS Segera Diluncurkan

Google Chrome OS Segera Diluncurkan

Seperti dirilis oleh techcrunch baru-baru ini, Google Chrome OS akan segera diluncurkan versi betanya pada November 2009 ini. Dan techcunch mencatat titik lemah Google Chrome Operating System ini akan terletak pada minimnya support terhadap hardware yang ada di pasaran.

chromeosJika melihat Google Chrome OS yang berbasiskan linux maka sinyalemen techcrunch ini mungkin ada benarnya. Mengingat begitu repotnya pengguna linux jika dihadapkan pada driver hardware unik  yang belum disupport oleh kernel.

Untuk mengantisipasi hal ini, rumornya Google telah menggaji khusus banyak programmer linux handal untuk membuat driver set yang ready begitu Chrome OS meluncur nantinya. Di pihak lain, Google juga terus menggencarkan kerjasama dengan pabrikan hardware PC dan Netbook ternama untuk membuat produk-produk PC dan Netbook mereka menjadi ‘Chrome Ready’. Diantaranya ialah Acer, Adobe, ASUS, Freescale, Hewlett-Packard, Lenovo, Qualcomm, Texas Instruments, dan Toshiba. Dengan kata lain hampir seluruh pabrikan merk ternama yang akan mendukung Chrome OS.

Jadi nampaknya, Google tidak ingin terlalu dipusingkan dengan banyaknya hardware-hardware unik yang drivernya hanya ada untuk Windows atau Mac. Mirip langkah Google pada project Android, yang awalnya hanya meluncurkan macam handset yang sangat terbatas, namun begitu sukses di pasaran, malah banyak terjadi porting sukarela  platform Andoid ke netbook oleh komunitas netbook itu sendiri.

Update 29 Desember 2009:

Google juga akan meluncurkan netbook merk sendiri yang ditenagai Google Chrome OS. Link ini menggambarkan lebih lengkap mengenai kabar tersebut.

  1. Belum ada komentar.
  1. November 19, 2009 pukul 7:37 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: