Beranda > Breaking News, Google, linux > Google Chrome OS (Chromium) Sudah Tersedia

Google Chrome OS (Chromium) Sudah Tersedia

Sesuai jadwal yang diberitakan sebelumnya, Google Chrome Operating System atau Chromium mulai tersedia source codenya disini.

Berbasis Debian dan menggunakan web browser chrome sebagai dasar desktopnya. Paradigma Operating System Linux selama ini yang mengandaikan ‘kebebasan’ mengotak-atik komputer kita sendiri  masih diberi ruang oleh Chromium namun nampaknya jika kita ingin menggunakan Chromium secara menyenangkan maka pandangan tentang OS tradisional harus sedikit diubah. Chromium OS lebih mirip kepada operating sistem untuk smartphone yang sangat fokus pada design dan security-nya nya sehingga lebih terbatas untuk  memodifikasinya. Kita harus mulai berpikir Chromium lebih sebagai  internet client, bukan dekstop. Chromium OS adalah Chrome web browser.

Untuk menggunakannya akan disediakan versi binary yang bisa langsung diintall (tahun depan jika telah stable) atau jika tertarik membangun dari source code maka sangat disarankan operating system anda sebaiknya Ubuntu (Hardy 8.04 or newer, Karmic 9.10 recommended). Jadi distro Jaunty 9.04 juga bisa dipergunakan. Meski begitu fedora, suse, mandriva, dan archlinux juga tersedia petunjuknya.

Selain git, juga disediakan format tar.gz sehingga anda bisa langsung mendownload untuk mengekstraknya di komputer anda.

Fitur-fitur menarik dari Chromium adalah:

1. really fast boot = 7 detik langsung online.

2. semua aplikasi adalah web app, meskipun dimungkinkan penambahan aplikasi berbasis debian namun tidak ada garansi aplikasi tersebut bakal jalan mulus🙂 Bagaimanapun juga Chromium adalah opensource.

3. hanya support SSD disk, jadi harddisk tidak disupport. Contoh netbook yang telah support ialah Acer Aspire One 10.1-Inch Blue Netbook dan ASUS Eee PC 10.1-Inch Pearl Black Netbook. Sedangkan Lenovo Ideapad dan Del Mini masih bermasalah pada wireless drivernya.

4. support HTML5

Untuk detilnya langsung saja tancap gas ke sini.

  1. November 11, 2010 pukul 4:28 am

    Mas Tech19, mau nanya nih, kebetulan saya baru lihat di situsnya GCOS ini, disana req 64 bit, jadi 32 bit ga bisa diakalin gitu ya mas?
    aduh maaf, saya awam banget nih
    mohon pencerahannya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: