Beranda > teknologi > Produksi Daging Tanpa Menyembelih

Produksi Daging Tanpa Menyembelih

Puluhan ribu sapi dan dan mungkin jutaan ayam disembelih setiap harinya adalah hal biasa terjadi di rumah potong hewan. Pernahkan anda membayangkan berapa banyak limbah yang terjadi dari proses ini?

Kita memakan daging setiap hari tanpa pernah memikirkan “kekejaman” yang terjadi di rumah potong hewan. Kalau ada cara lebih beradab, mungkin “in vitro meat” adalah jawabannya.

Prosesnya, beberapa cell daging sehat dari hewan yang ingin di produksi diambil melalui proses biopsy. Dan meletakkannya pada media protein yang akan menumbuhkan cell tersebut menjadi potongan daging yang direncanakan. Apakah itu daging sapi, ayam, kalkun, dll. Semua bisa ditumbuhkan.

Protein dan oksigen perlu diletakkan dekat cell yang sedang tumbuh dalam ukuran milimeter yang tepat. Mengingat tidak ada sistem syaraf dalam daging buatan pabrik ini maka secara moral daging ini bisa disamakan dengan proses memproduksi susu di pabrik susu bubuk. (kabar baik bagi penyayang binatang dan vegetarian)

Teknologi ini merupakan teknologi yang cukup lama dibangun. Diawali oleh dokter kebangsaan Belanda Willem van Eelen (sekarang berusia 86 tahun) yang memperoleh ide ini ketika menjadi tahanan perang tentara Jepang. Dan bersama rekannya dari Universitas Amsterdam, Willem van Eelen memegang patent global untuk produksi daging pabrikan ini.

NASA, secara terpisah, juga melakukan eksperimen untuk menghasilkan daging yang lebih tahan lama di luar angkasa dan terus melakukan eksperimen sampai sekarang dengan menggunakan cell daging kalkun.

Saat ini ilmuwan Belanda dipimpin Henk Haagsman, dengan subsidi pemerintah Belanda telah berhasil memproduksi daging kualitas tinggi yang siap untuk dikomersialkan di pabrik daging raksasa Stegeman Netherland. Cara kerja pabrik ini mirip proses printer inkjet dalam membentuk daging yang dinginkan.

  1. wahyu am
    Desember 5, 2009 pukul 3:26 pm

    teknologi dari nasa ya😆

    nice inpo gan

    UO: pemegang patennya si Belanda tadi. Thanks🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: