Beranda > Artikel > Google Meriset Quantum Komputer

Google Meriset Quantum Komputer

Quantum Komputer adalah jenis chip processor terbaru yang diciptakan berdasar perkembangan mutakhir dari ilmu fisika (dan matematika) quantum. Singkatnya, chip konvensional sekarang ini perlu diganti dengan yang lebih baik.

Dengan kemampuannya yang unik, Quantum Chip menjadi kandidat utama untuk menggantikan server Google di kemudian hari. Dalam hitungan ilmuwan Google, besarnya pertumbuhan data yang dikonsumsi server Google dewasa ini akan melampaui kemampuan finansial Google sendiri dalam menyediakannya suatu hari (requires server farms so large that they can never be built).

Ilmuwan Google ini berbicara tidak hanya mengenai data teks, gambar, suara atau video saja. Melainkan juga mengenai bagaimana, misalnya, data video bisa diolah sebagai teks atau sebaliknya, atau bagaimana, misalnya, mengenali pola pada gambar yang membuat proses pencarian gambar menjadi lebih baik. Dan, tidak ketinggalan, bagaimana membuat komputer yang bisa belajar (Machine Learning) bahasa manusia (sehingga bisa menjawab pertanyaan manusia). Atau setidaknya mesin penterjemah yang lebih baik.

Contohnya pada kasus sederhana menebak password. Misalnya kita mencoba mencocokkan password tersebut dengan sebuah kamus berisi 1 juta kata, pada akhirnya akan ditemukan password yang benar. Namun itu setelah n kali percobaan. Dan n itu bisa 10 kali mencoba benar, atau bahkan 900.000 kali baru benar.

Kalau percobaan diulang berkali-kali maka dirata-rata jumlah percobaan adalah 50% dari isi kamus. Dan jika setiap percobaan membutuhkan 5 detik maka diperlukan 500.000 X 5 detik untuk mencobanya. Namun dengan pendekatan Quantum, akan ditemukan 99% benar setelah hanya 1000 kali percobaan. Jika ingin lebih pasti mengenai jawaban tersebut, ulangi saja beberapa kali. Mana yang lebih banyak, itulah yang benar.

Temuan ini sangat mencengangkan ilmuwan karena itu artinya, pekerjaan hitungan yang dulu komputer konvensional membutuhkan 3 tahun untuk menyelesaikannya. Sekarang cukup satu hari. Atau yg dulunya butuh 11 hari pengerjaan, sekarang cukup 1 detik!

Sempat dikira Hoax atau penipuan oleh masyarakat umum. Namun Google mengenali potensi Quantum Komputer ini karena secara ilmiah memang telah terbukti. Tinggal bagaimana mewujudkannya.

Dengan menggandeng D-Wave Computer yang akan menyediakan chips terbaru ini, Google mulai menggunakannya secara terbatas pada skala laboratorium.

Dalam demo produk labnya ini Google akan menunjukkan kepada masyarakat ilmiah bagaimana komputer akan diperintah mencari sebuah mobil di Google street View hanya dengan menunjukkan contoh-contoh fotonya (engineering synthetic intelligence). Mirip memerintah anjing pelacak untuk mencari drugs dengan hidungnya.

Algoritma yang sama telah diterapkan pada produk lab Google yakni Google Image Swirl dimana secara cerdas komputer bisa menentukan dan mengelompokkan mana gambar mobil Jaguar dengan mana gambar binatang Jaguar. Atau misalnya mana kelompok gambar buah Apel dengan kelompok gambar komputer apple.

  1. Belum ada komentar.
  1. Desember 29, 2009 pukul 10:54 pm
  2. Maret 15, 2011 pukul 12:36 am
  3. Mei 18, 2014 pukul 2:33 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: