Beranda > teknologi > 10 Penemuan Penting Dekade Ini

10 Penemuan Penting Dekade Ini

Setelah mengadakan survey kecil2an, tech19 memilih 10 penemuan ini sebagai 10 penemuan paling penting untuk dekade ini 2000-2009. Penemuan ini kami prediksikan akan membuat perubahan wajah teknologi untuk dekade berikutnya.

1. Organisma X

J. Craig Venter, ahli genetika dari State University Of New York telah berhasil membuat species baru organisma bersel satu yang dibuat berdasar proses penggabungan gen. Dengan kata lain ilmuwan telah berhasil membuat makhluk hidup jenis baru! (bukan membuat makhluk hidup).

Bakteri ini merupakan bakteri dasar yang bisa dikembangkan menjadi bakteri jenis lain sesuai keinginan.

Beberapa yang menjadi target Venter: bakteri penghasil listrik (geobacter), bakteri pengurai tumpahan minyak bumi, bakteri penghasil bahan bakar (biofuel), bakteri pemakan virus, dan, ini paling menarik: bakteri pembalik proses global warming (penyerap CO2).

2. Obat AIDS

Meskipun baru mencapai efektifitas 31%, namun ini merupakan tonggak kemajuan terbesar dari penemuan obat HIV AIDS yang selama 20 tahun terakhir sepertinya tanpa harapan. Sayangnya obat ini bukan merupakan vaksin yang bisa mencegah berkembangnya virus AIDS. Tapi lumayanlah.

3. Witricity

Witricity adalah perusahaan teknologi electric wireless pertama yang akan meluncurkan produk ini. Dengan transmitter dan receiver yang compact ukurannya, Witricity menawarkan solusi untuk mengalirkan listrik secara wireless ke peralatan rumah tangga.

Diperkenalkan pada ajang TED oleh insinyur MIT, bisa dibayangkan ke depannya dimana akan semakin banyak mobil listrik dipasarkan, produk ini akan mengalami booming yang luar biasa. (mungkin itu sebabnya dinamakan Witricity: Memancarkan energi listrik pada level kota?). Dan di dalam rumah, akan terbebas dari uluran kabel yang ribet dan mengganggu.

4. Lampu LED

Dengan hanya 10 Watt listrik bisa dihasilkan terang cahaya setara 60W lampu biasa. Dan daya tahannya itu lho yang mencapai 3 tahun. Dekade berikutnya diperkirakan pemakaian lampu LED ini akan meluas seiring dengan sentimen penghematan energi. Paling tidak tahun depan ketika ekonomi dunia mulai bangkit, maka harga minyak diperkirakan akan melambung. Harga minyak naik, besar kemungkinan, listrik naik.

5. Teleskop Infra Merah

Nampaknya tak terlalu luar biasa. Namun jika diketahui fakta bahwa ada bagian dari langit yang tidak bisa dilihat dengan teleskop biasa (karena sangking dinginnya bahkan cahaya tidak bisa merambat) maka teleskop milik UniEropa ini mungkin akan membawa pengetahuan baru kepada umat manusia tentang apa isi langit yang tak tertembus tsb. Apakah benda angkasa yang terdapat di bagian alam semesta yang sangat dingin tsb ? Mungkin bukan bintang dan sejenisnya. Atau mungkin …

6. Quantum Komputer

Google bekerjasama dengan Dwave Computer membuat komputer quantum untuk memulai riset yang ditujukan untuk menggantikan server-server Google di kemudian hari. Meskipun pada tahap ini masih difokuskan untuk membuat komputer yang lebih cepat dalam mengenali image/gambar.

Komputer Quantum adalah komputer jenis baru yang berbeda secara mendasar jika dibandingkan dengan komputer sekarang. Jika komputer sekarang hanya dikenal 4 kemungkinan bit yakni 00, 01, 10, dan 11 maka pada komputer kuantum punya istilah Qubits (Quantum bits) yang terdiri dari 0,1, dan sebuah nilai yang disebut superposisi yakni nilai yang bisa 0 dan bisa 1. Hasilnya quantum komputer akan lebih cepat memproses data yg masuk. Dari 3 tahunan menjadi 1 hari saja. Kalau project ini sukses, maka kemampuan otak manusia akan disamai oleh komputer PC tahun 2020.

7. GPS Pribadi

Meski sistem GPS lahir di dunia militer dan tidak terlalu dominan mewarnai hidup kita sehari-hari, namun GPS adalah penemuan dekade ini yang juga penting. Dengan sistem GPS kita bisa melacak keberadaan object atau barang hilang dengan ketepatan 3 meter dengan sebenarnya. Terlebih dengan adanya aplikasi GPS gratis dari Google, maka GPS akan semakin mewarnai kehidupan umat manusia sehari-hari. Aplikasinya juga amat luas, mulai alat penunjuk jalan dan penerbangan, kebutuhan militer, sampai game kucing2-an.

Meskipun dimulai sejak era tahun 60-an, namun GPS bisa dianggap sebagai penemuan dekade ini karena mulai diaplikasikan secara luas dan pada tingkat pribadi pada tahun 2000-an. Pada tahun 2004, Qualcomm adalah perusahaan pertama yang meletakkan fitur GPS pada chip mobile phone. Dan pada tahun 2005, satelit pertama GPS akurasi 3 meter mulai diluncurkan.

8. Robot

Mirip dengan GPS, robot juga merupakan penemuan yang berevolusi sejak lama. Diawali pada abad ke satu (!) namun robot yang mampu menirukan gerak-gerik manusia secara hampir sempurna baru lahir pada dekade ini, yakni robot Humanoid Asimo dari Honda.

9. Flash Disk dan turunannya

Era Compact Disk dan (apalagi) disket mulai berakhir di penghujung tahun 2000-an. Hadirnya USB Flash Disk menggantikan peran mereka sebelumnya. Saat ini kita bisa membawa sekitar 40 GB data di saku baju dengan ukuran alat yang lebih kecil dan sekuritas yang lebih baik pula.

Dengan semakin kecilnya ukuran data storage, beberapa fungsionalitas juga telah ditambahkan di dalamnya. Misalnya koneksi internet (3G), sound recorder, MP3/MP4 player, juga komputer saku. Jadi akhirnya inovasi flash disk memungkinkan inovasi berikutnya. Bayangkan membawa iPod dengan harddisk di dalamnya. Berat.

10. Mobil Listrik

Meski baru beberapa pabrikan yang meluncurkannya, namun ke depan kami yakin mobil listrik segera menjadi fenomena yang tak terhindarkan. Honda, Toyota, dan beberapa pabrikan China telah memulai era baru permobilan ini dengan membuat mobil Hybrid (gabungan mesin bensin dan motor listrik) dan mobil listrik murni.

Era mobil listrik tidak hanya akan merubah wajah dunia permobilan, namun juga wajah dunia secara keseluruhan. Dunia yang saat ini menghadapi situasi dilematis untuk mengakhiri era minyak yang polutif.

Mungkin ada yang ingin menambahkan ke daftar ini ?

Kandidat di luar top ten :

1. RFID teknologi

  1. Desember 29, 2009 pukul 10:50 am

    Perkembangan teknologi saat ini terasa banget!!

    UO:setuja !

  2. r4nd11
    Desember 30, 2009 pukul 11:25 am

    nice info,….
    tukeran link yukk sobb… blogg nya keren dechh…
    di tunggu y…

    di http:/rumahblog.web.id

    UO: thanks da mampir

  3. Januari 24, 2010 pukul 8:32 am

    Klo menurut saya penemuan no 3 yang paling menarik. jd g takut klo mati lampu bdari PLN

    UO: asyik ya ? bebas dari kabel yg ribet ngaturnya …

  4. Januari 30, 2010 pukul 9:34 pm

    membuat makhluk hidup dengan membuat makhluk hidup jenis baru emang beda maksudnya…? mohon pencerahan…

    keren euy postingannya… thnks

    UO : jd bukan menciptakan makhluk hidup dari benda mati, gichu om maksudenya ..🙂 tqs

  5. Februari 3, 2010 pukul 1:07 am

    apa dampak positif dan dampak negatif yg ditimbulkan penyakit AIDS

    UO: aha, ini ide untuk satu tulisan🙂

  6. ida
    Februari 3, 2010 pukul 1:16 am

    bagus juga tu….mobil listrik, kemana-mana bisa meggunakan listrik tanpa harus dirumah,sekaligus menghemat dana, … bisa mencas hp dimobil…dll,

  7. caksonoaguz
    Maret 14, 2010 pukul 1:20 pm

    inilah web yang dicari para pelajar

    UO: wah, terimakasih apresiasinya🙂

  8. Driverless
    Desember 22, 2010 pukul 2:12 am

    Kalau dingin banget itu cahaya nggak bisa merambat ya ? Baru tau…

  9. 123456
    Agustus 15, 2012 pukul 4:58 pm

    ciptakanlah penemuan yang baru dan sepetakulaer dengan catatan tidak merusk sumber daya alam dan manusia

  10. dantarsuit
    September 12, 2012 pukul 12:28 am

    Mobil listrik. +1.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: