Beranda > informasi teknologi, teknologi > Yang Bakal Hot di 2010

Yang Bakal Hot di 2010

1. Komputer Tablet

Dua kandidat utama adalah Android Tablet dan Apple Tablet. Komputer tablet adalah device yang berada di antara SmartPhone dan Netbook. Semacam perkawinan antara dua dunia. Berukuran hampir sebesar netbook namun tanpa keyboard yang kecil dan ribet seperti halnya smartphone.

2. HTML5

Semakin banyak fitur HTML5 yang stable, semakin tak terasa kita menggunakannya. Karena diam-diam browser anda telah mensupportnya. Firefox, Opera, Chrome berusaha menjadi yang terdepan mengambil keunggulan HTML5. Offline processing, video tag, web yang lebih cepat baik upload maupun download, dan tentu saja fitur killer dari HTML5: drag and drop. [Yang akan membuat halaman web terasa seperti aplikasi desktop.]

HTML5 bertujuan untuk “membuka” web standart sehingga mengurangi ketergantungan kepada plugin tertutup baik dari Adobe Flash, Microsoft SilverLight, maupun SUN JavaFX.

3. Search Result yang lebih realtime.

Search Engine akan semakin mendekatkan hasil pencariannya kepada hasil yang lebih real time. Itu artinya berita terbaru dan breaking news akan berada pada top result. Twitter juga akan semakin digemari karena hot topik akan berada di top result search engine. Google dan Bing akan berkompetisi untuk menjadi yang pertama mengindeks berita-berita hot.

4. Citizen Journalism

Blogger biasa akan menjelma menjadi kekuatan baru di internet. Tahun 2010 akan semakin banyak alat-alat yang memungkinkan blogger untuk menjadi jurnalis. Mobile devices yang dilengkapi kamera video resolusi tinggi dan kecepatan koneksi internet yang semakin cepat dan murah, memungkinkan tampilnya kelas baru blogger menjadi broadcaster yang menjadi saksi peristiwa penting melalui live streaming.

5. Khusus Indonesia : Situs Lelang Online

Belum ada penjelasan. Ebay Indonesia belum terlalu kuat di Indonesia. Aneh ya ? Di negara lain situs lelang hampir selalu masuk top ten. Mengapa di Indonesia tidak ? Apakah Indonesia tidak kondusif untuk model lelang ? Atau akan lahir situs lelang asli Indonesia yang masuk top ten Alexa ? Kita tunggu saja.

6. Ekstensi Devices

Tahun depan akan semakin banyak device yang diekstend [diperluas] fungsinya. Misalnya Mouse yang mirip Apple Magic Mouse. Dimana permukaan mouse akan menjadi multitouch surface. Lalu ada ekstensi untuk perangkat mobile kita. Misalnya casing hp yang bisa menjadi credit card reader atau barcode reader, etc.

7. Koneksi Broadband Murah

Beberapa perjanjian dengan penyedia jalur fiber optic [1] mengindikasikan akan semakin murahnya koneksi broadband di Indonesia. Yah, paling lambat akhir tahun 2010 atau awal tahun 2011 atau tahun 2012:)

  1. Januari 3, 2010 pukul 4:36 am

    Sayangnya untuk HTML5 beberapa browser belum mendukung, untuk firefox sendiri kita harus menggunakan versi 3.6 keatas. Semoga kedepannya browser lebih mendukung. untk masalah Broadband saya sedikit pesimis “tau lah orang indonesia, segalanya di jadikan lahan sebagai proyek pengadaan”😦

    UO: Yah, paling lambat akhir tahun 2010 atau awal tahun 2011 atau tahun 2012:) atau paling lambat lagi 2020 hehe. Tp utk beberapa kawasan sebenarnya udah go broadband murah lewat smart

    • Januari 4, 2010 pukul 4:54 am

      Oh ya! tapi saya punya temen di Moldova, menurutnya kitaran harga pasang internet untuk satu bulan sama dengan beli burger. hehe murahnya.

      UO: itu untuk broadband ya ? kata orang Indonesia, kasian orang Moldova ya, untuk beli burger disana kok mahal sekali … masak harus pasang internet dulu …hihihi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: