Beranda > Google, informasi teknologi > Google Apps Script Tersedia Tanpa Batasan Lagi: Gratis

Google Apps Script Tersedia Tanpa Batasan Lagi: Gratis

Setelah hanya support untuk edisi Premier-berbayar dan edisi Pendidikan, akhirnya teknologi Google Apps Script diperluas untuk penggunaan standard-umum-gratis.

Google Apps Script, mirip VB-script, adalah fitur untuk mengotomatisasi pekerjaan yg berulang pada aplikasi online Google Docs-Spreadsheet. Semacam membuat program kecil sehingga pekerjaan Spreadsheet anda menjadi lebih mudah.

Diatas semua itu, karena ini adalah aplikasi online maka segala hal yg berkaitan dengan aktivitas web-online juga bisa anda kembangkan untuk kebutuhan anda. 

Misalnya

1. membuat form melalui Google Spreadsheet, embed form tersebut pada Google Sites anda, dan membuat respon email otomatis atas input visitor situs anda.

2. Mengakses situs apa saja di web dan mengolah datanya sehingga anda bisa membuat website interaktif hanya dengan menggunakan Google Spreadsheet. Tak perlu belajar PHP tak perlu belajar Python, dll.

3. Menghubungkan beberapa produk Google menjadi satu kesatuan. Mengirim email otomatis terjadwal ke beberapa alamat email yang cukup didaftarkan dari Google Spreadheet.

Singkatnya, membuat website sekarang bisa lebih mudah ! Hampir semua  tersedia secara online. Membuat situs dengan program rumit mungkin segera menjadi masa lalu.:)

———————–

Link-link yang berkaitan dan mungkin menarik untuk anda:

– Membuat portal kurikulum untuk guru.

– Kirim Email Otomatis dengan Google Apps Script

– Menggunakan sistem “template” untuk membuat script anda rapih dan mudah dibaca kembali

————————

Contoh Code sederhana Google Apps Script:

// The code below will display “hello world” in a dialogbox
Browser.msgBox(“hello world”);

Sederhana bukan ?

  1. adikiss
    Juni 1, 2010 pukul 4:52 am

    kalo mo integrasi login google apps dari web kita sendiri scriptnya gmn ya… thanx b4……

    UO: waduu🙂 maksudnya bgmn ? bikin link aja🙂

  2. Toni
    Oktober 19, 2011 pukul 8:43 am

    Tapi sayang sekali untuk bikin form tampilan sangat sederhana sekali di google dan hanya terbatas itu-itu saja… Alangkah sempurnanya dan lebih menarik jika dapat di ubah-ubah seperti misalnya pada MS acces…..Wo….sungguh well well……. Namun masih lumayan lah, bisa kit manfatkan buat formulir pendaftaran sederhana oke juga……… he hehehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: