Beranda > Breaking News, Situs Kreatif > Situs Fenomenal: Chatroulette.com

Situs Fenomenal: Chatroulette.com

Bagaimana bisa seorang anak berusia 17 tahun punya situs web yang hanya dalam 3 bulan sudah diulas media-media besar dunia ? Inilah situs fenomenal kita kali ini: http://chatroulette.com/

Bagaimana seorang yang baru duduk di bangku SMA membiayai situs yang bertraffik 30 juta orang per bulan ini ? Sedangkan tiap harinya ada 1 juta orang baru yang terus berdatangan ? Ternyata tidak diperlukan bandwidth besar untuk membangun situs video chat ini. Lho kok bisa ?

Kuncinya ada pada teknologi flash. Salah satu protocol flash memungkinkan koneksi peer to peer dari satu flash player ke flash player lainnya. Jadi server tidak dilewati chat dan video stream yang bejibun itu. Mirip opera unite, namun bersandar pada teknologi flash.

Kontan saja Andrey Ternovskiy memperoleh publisitas mendadak. Dan seperti banyak cerita klasik kesuksesan internet lainnya, Andrey mengaku kesuksesannya diperoleh secara tak sengaja. Awalnya ia mencari situs untuk chat dengan orang asing secara acak  melalui video conference namun tak menemukannya. Maka ia memutuskan untuk mencoba membuatnya.

Ketika ia menceritakan pada teman2nya, hampir semua menanggapinya dengan dingin: Siapa di internet yang bakal menggunakan situs seperti itu?

Maka Andrey melangkah dari forum ke forum untuk mencari tester buat situs yang dikerjakan dalam 3 hari itu. Hari pertama ia memperoleh 20 orang pengunjung. Pagi berikutnya, Andrey terkaget-kaget karena ada 40 orang online di situsnya. Begitu juga keesokan harinya, terus terjadi double traffik. Dan dalam bulan terakhir ini, situs chatroulette telah dikunjungi 30 juta orang atau 500 ribu orang per hari.

Andrey akhirnya diundang ke USA (ia tinggal di Rusia) untuk bertemu beberapa investor yang ingin mencaplok situsnya.

Beberapa screenshot lucu dari situs ini:

Oleh alexa.com situs ini mencatat kenaikan traffik yang sangat fenomenal dari 0 ke 30 juta dalam 3 bulan, itu berarti 12000% lebih kenaikan.

  1. Maret 13, 2010 pukul 3:45 pm

    keren banget nih kapa yaaa bisa kayak gt

  2. Nini
    April 13, 2010 pukul 4:50 pm

    abis nyoba chatroulette,keren juga yah. tapi jadi mikir nih kalau situs ini sepopuler facebook di indonesia,gimana ya?pendidikan untuk user di social cyber harus ditingkatkan kayanya.

    UO: chatroulette memang menarik 100% setuju. Pendidikan juga 100% setuju.
    Barusan kami melihat traffik chatroulette di alexa, ternyata mulai menurun, dan umumnya chatroulette hanya populer di negara2 tertentu seperti kazakhstan, france, netherland, israel, dan Switzerland.

  3. Januari 12, 2011 pukul 10:52 am

    chatoulette so much a new trend youtube facebook social networking sites a great alternative

    chatroulette to meet people from every country, and presents a platform for a variety of different people and groups with new people all the time diversity cikabilmekte.Bu out and sharing these innovations chatroulette’in unofficial blogs (http://chatrulette.blogspot.com/ etc.) can be followed ./12.01.2011 12:51:41

  1. Maret 17, 2010 pukul 1:31 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: