Beranda > Google > Dua Pukulan Telak Buat Google

Dua Pukulan Telak Buat Google

Kali ini dua berita menunjukkan bahwa Google telah tertinggal dalam perlombaan inovasi. Motto “Don’t be Evil” mungkin malah membuat para inovator berpikir “Apakah Google sendiri telah menjalankan motto tersebut ?” dan ini memotivasi mereka untuk bisa lepas dari cengkraman Google.

Apakah strategy open web bukan strategy Google untuk memantapkan posisinya saja? Agar inovasi tidak terjadi diluar kekaisaran Google, namun sebaliknya terjadi dalam kontrol Google? Jangan dilupakan bahwa Google adalah perusahaan yang terdaftar di bursa saham. Dan bursa saham menuntut semua perusahaan yang terdaftar disana untuk terus tumbuh stabil beberapa persen setahun agar terus terdapat “daya tarik”. Pada gilirannya agar terus terjadi penumpukan modal ke kantong Google.

Namun hukum alam juga terjadi, bukankah perusahaan lain di bursa saham tersebut juga harus terus tumbuh stabil ? Yang pada gilirannya akan memunculkan “perang” diantara mereka sendiri ?

Nampaknya inilah yang tengah terjadi.

1. Microsoft melalui tangan Facebook berhasil mengalahkan traffik Google untuk pertama kalinya diluar event musiman seperti natal dan tahun baru. Minggu kemarin Hitwise melaporkan facebook berhasil melewati Google untuk unique visitor di kandang mereka sendiri yakni USA. Boom!

2. Adobe menempuh langkah flangking (menghindar) untuk mendisable dominasi Google: peer to peer networking. Jika Google berusaha merangkul sebanyak mungkin pelaku bisnis internet untuk bergabung dalam Open Web strategynya, maka Adobe memutar langkah lebih jauh: merangkul semua pengguna internet dengan platform teknologinya. Teknologi Real-Time Media Flow Protocol (RTMFP) pada Adobe Stratus membuka peluang untuk peer to peer networking sehingga PC pengguna internet bisa secara langsung berhubungan dengan efisien. Tanpa server terpusat.

Dan Boom! Chatroulette.com membuktikan teknologi Adobe telah siap untuk test drive dengan trafik yang membumbung 12.000% tiga bulan terakhir. Padahal Adobe Struts masih berstatus Beta. Eksekusi yang tepat [atau kebetulan] dari situs ini menunjukkan HTML5 yang sangat lambat peluncurannya memang aneh. Tahun 2012 nanti masih belum terdapat fitur peer to peer networking ini. Yang ada hanya RTMP (real time messaging platform). Sebuah teknologi yang masih membutuhkan server terpusat.

Kok Google yang penuh insinyur top itu bisa kalah cepat dengan Adobe sebuah perusahaan yang lebih kecil pendapatannya?  Apa yang ditunggu ? Ini membuat kita bertanya, apakah agenda Google sebenarnya ? Apakah Google sengaja memperlambat perkembangan Open Web sampai ia kuat secara pasar di tahun 2012? Dan apakah Google akan melakukan hal yang sama terhadap setiap inovator potensial ? Diakuisisi kemudian di “cerna”?

Tapi jangan khawatir … Google telah menyiapkan Google Buzz sebagai pesaing facebook, sayang terlambat. Dan sampai saat ini Google masih membisu terhadap langkah Adobe peer to peer networking. Google nampaknya tak mungkin melepaskan pola sentralistiknya untuk mampu  mengembalikan internet kepada tujuan asalnya: menghubungkan pengguna secara langsung. Tanpa pretensi beriklan bukan?. Jadi, kemanakah perginya makna “Don’t be evil” ?

Ouch!

Update: Google diberitakan telah membuat kontak dengan pendiri chatroulette.com. Andrey menyatakan tidak akan melepaskan kepemilikan situsnya kepada siapapun, namun ia memikirkan untuk menerima sebagian kepemilikan saham atas situsnya.

Update 26/3/2010: Html5 mulai memasukkan peer to peer flow connection dalam specnya pada tanggal 22/3/2010 yang lalu.

  1. Maret 17, 2010 pukul 1:34 am

    masak google terus….sekali kali ngalah dong…

    UO: yap, sudah hukum alam nampaknya …

  2. Maret 17, 2010 pukul 2:08 am

    Opera mini 5 final handler 142 :
    http://wp.me/pCelG-dP

    UO: super !

  3. alice pngen .....
    Maret 17, 2010 pukul 2:23 am

    🙂

    UO: trims

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: