Beranda > teknologi > Strategy Apple: Kompetisi Ketat

Strategy Apple: Kompetisi Ketat

Untuk memacu inovasi, nampaknya Steve Jobs butuh motivasi lebih. Percaya akan kemampuan para insiyurnya adalah satu hal, hal lainnya adalah medan peperangan agar perusahaan terpacu untuk menjadi no 1.

Kali ini tak hanya bermusuhan dengan Microsoft, Google dan Adobe pun perlu diperhitungkan sebagai kompetitor.

1. Di masa lalu perseteruan Steve Jobs dan Bill Gates pernah mengemuka, karena Steve menuduh Bill Gates mencuri desain User Interface pada Komputer Desktop Lisa menjadi Windows. Namun kemudian Bill Gates mampu membalik keadaan dengan membuktikan bahwa desain Lisa sebenarnya mencuri karya para insinyur Labs Xerox.

2. Steve baru-baru saja mengungkapkan kebenciannya kepada Eric Schmidt karena kegagalan Apple mengakuisi Admob setelah kalah dari Google. Ungkapan personal ini memang terbilang ksatria karena Steve menganggap kegagalan Apple adalah kegagalan dirinya. Apple is Steve, Steve is Apple.

3. Terakhir Adobe yang kena getahnya. Platform Flash diposisikan sebagai haram berjalan di seluruh product Apple. Senior Research Scientist Adobe, Dan Goldman mengungkapkan bahwa praktek Apple ini tergolong tidak etis karena jika alasan pertama Apple bahwa Flash menghabiskan baterai iPhone bisa diterima oleh Adobe. Namun ketika Adobe menawarkan Compiler Flash untuk Apple yang didesain khusus yang hemat baterai juga juga ditolak, Dan Goldman menganggap Apple telah menjadi perusahaan yang sangat tertutup, anti kompetisi, anti developer, dan anti konsumen. Ia menganggap Apple tidak pro open web dan karena itu Adobe telah mendaftarkan tuntutan hukum ke pengadilan.

Well, product Apple memang luar biasa, kami percaya produk-produk Apple akan semakin diterima pasar karena Apple di satu sisi mirip Adobe yang punya Flash. Apple sangat fokus dengan keahliannya. Meskipun Steve terlihat memusuhi semua pihak, namun kami percaya Steve dan Apple hanya menginginkan agar produknya tidak keluar dari benak konsumen satu detik pun.

Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: