Beranda > Google > Google Merombak Industri Printer

Google Merombak Industri Printer

Dalam upayanya untuk membuat operating system yang berbasis internet, Google melihat salah satu kelemahan mendasar dari industri printer adalah adanya ketergantungan yang amat besar pada driver printer. Bermacam-macam printer dibangun dengan driver yang berbeda-beda pula. Ini menimbulkan kompleksitas atau persoalan yang sulit dipecahkan terutama bagi dunia open source software.

Untuk dunia windows, driver disediakan oleh pabrikan agar printernya laku dijual, sehingga mudah mengoperasikan printer di dunia windows. Namun untuk dunia open source software, biasanya driver printer datang sangat terlambat, dan kalaulah ada, biasanya tidak lengkap atau hanya asal jalan.

Karena itu, Google yang tengah mengembangkan Chromium OS telah mengumumkan akan memulai merombak pola baku industri printer. Google akan bekerjasama dengan pabrikan printer dunia untuk membuat printer jenis baru yakni printer yang bisa mencetak via internet tanpa perlu PC terlibat didalamnya. Artinya driver printer sudah built in di dalamnya.

Memang kalau dipikir-pikir, printer memang seperti barang yang aneh. Tugasnya cuma mencetak gambar, namun sistem industrinya penuh batasan dan barier bagi pengguna. Contohnya sistem refill tinta yang menjengkelkan pengguna.

Kelemahan printer yang tugasnya gampang tapi dibikin sulit ini rupanya yang hendak diubah Google. Pengguna tidak perlu pusing driver karena driver dan sistem pooling/antrian sudah ada di dalam printer. Printer bisa mencetak seperti halnya kita mengirim email ke dalamnya. Semudah itu.

Tentu saja ini merupakan lahan bisnis baru buat Google. Printer yang bisa dikenal oleh jaringan internet seperti ini belum pernah ada. Printer didaftarkan/diasosiasikan dengan alamat email kita. karena Printer punya IP yang bisa dihubungi di mana saja sepanjang jaringan internet ada.

Lalu apa bedanya dengan TCP/IP printer yang sudah lebih dulu ada (Printer yang bisa mencetak melalui kabel LAN) ? Bedanya, plus printer-printer yang sudah ada yang masih perlu PC untuk mencetak, Google Printer akan mencetak tanpa perlu PC sama sekali ada di dekatnya. Jadi Printer Google adalah Printer dengan IP yang dikenal internet.

Dengan kata lain, Printer Google tidak membutuhkan setup network untuk bisa mencetak via LAN. Ia seperti handphone yg siap pakai. Cuma perlu kartu SIM.

Gelombang devices dengan IP Public nampaknya sudah didepan mata.

Tag:
  1. ANTON MASRA
    Agustus 22, 2011 pukul 3:32 pm

    MANTAPPPPPPPPPPPP…………………………
    KALO ADA YANG GAMPANG KNAPA DIBIKIN SUSAH..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: