Beranda > teknologi > Apple vs Flash, dan Pemenangnya adalah …

Apple vs Flash, dan Pemenangnya adalah …

Google ! Lho Kok ?

Setelah Steve Jobs menolak platform flash dan mendukung H.264 sebagai standar codec video di seluruh produk apple. Lalu Adobe membalas dengan iklan I love Apple, perkembangan terbaru yang ada adalah Google berhasil merangkul Firefox dan Opera untuk mendukung format video baru (dan tentu saja Chrome web browser).

Namanya adalah WebM Project. Codecnya adalah hasil akuisisi Google terhadap On2. Jika performa H.264 hanya setara dengan teknologi V6  dari On2 Technologist, maka Codec WebM ini diturunkan langsung dari teknologi yang lebih maju yakni teknologi V8 dari On2 teknologi. Hasil kompresinya mencapai 40% dari sebelumnya!

Donasi Google terhadap gerakan Open Source ini tentu bukan tanpa pamrih🙂. Daripada terlibat pusaran konflik Apple dan Adobe, Google memilih untuk membuat Codec baru yang jauh lebih maju sehingga keunggulan teknologi akan menjadi mantra bagi semua pelaku web video untuk mengikuti arus baru yang dikendalikan Google.

Dengan terbitnya codec open source yang lebih canggih ini, dan telah didukung aktor-aktor utama, tinggal Microsoft dan Apple yang belum mengumumkan keikutsertaannya, meskipun mungkin cuma masalah waktu.

So, be it: Apple Safari, Microsoft, dan Adobe, semua akan berada dibelakang Google dalam urusan web codec untuk HTML5 ini.

  1. Mei 20, 2010 pukul 6:23 pm

    postingannya sangat informatif bro,…Thanks

    Bandwidth Telkomsel Unlimited

    UO: sama-samax bung🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: