Beranda > teknologi > Prediksi Bill Gates: Yang Tepat dan Meleset

Prediksi Bill Gates: Yang Tepat dan Meleset

Tahun 1995, Bill Gates menerbitkan sebuah buku yang berjudul “The Road Ahead”. Dimana di dalam buku ini Bill Gates menulis tentang prediksi-prediksinya mengenai teknologi. Meski tak semua terbukti, banyak pula yang tepat/terbukti.

1. Email akan menggantikan Meeting.=tepat dan tidak tepat,

Banyak pekerja menghabiskan 40% waktunya untuk membaca email terutama di pagi hari selama 2 jam sebelum memulai aktivitasnya, namun email banyak menyebabkan ketidakjelasan yang hanya bisa dipecahkan dengan face to face meeting/rapat.

2. Wallet PC=tepat

Ipad adalah buktinya, menyusul Google Android Tablet. Bill Gates mendeskripsikan sebuah perangkat yang mudah dibawa dan dioperasikan sebagai pengganti buku agenda.

3. Koneksi kabel akan mengalahkan wireless kabel=tidak tepat.

Alasan Bill Gates adalah bahwa wireless network akan mahal dari segi infrastruktur. Namun yang luput dari prediksinya adalah bahwa perkembangan teknologi 3G dan 4G menyebabkan per dollar kilobytes menjadi lebih murah karena kecepatan transfer yang bebas masalah geografis, tak seperti jaringan kabel.

4. Videoconferencing=tepat

Bill Gates memprediksi hadirnya Web Cam. Sekarang sudah umum ditemui di laptop/netbook/smartphone.

—————————-

Dengan menerbitkan buku tersebut, Bll Gates memperoleh pembayaran di muka sebesar $2,5 juta, (tahun 1995) dari Penerbit Viking Penguin.

Yang menarik, review dari Time Magazine mungkin menyiratkan ketakutan terbesar Bill Gates terhadap perkembangan internet yang mengancam bisnisnya:

Gates is as fearful as he is feared, and these days he worries most about the Internet, Usenet and the World Wide Web, which threaten his software monopoly by shifting the nexus of control from stand-alone computers to the network that connects them. The Internet, by design, has no central operating system that Microsoft or anybody else can patent and license. And its libertarian culture is devoted to open—that is to say, nonproprietary—standards, none of which were set by Microsoft. Gates moved quickly this year to embrace the Net, although it sometimes seemed he was trying to wrap Microsoft’s long arms around it.

Terjemahannya :

Gates ketakutan sebagaimana ia juga ditakuti, dan hari-hari ini dia paling khawatir tentang internet, Usenet dan World Wide Web, yang mengancam monopoli software-nya dengan menggeser kontrol dari komputer stand-alone ke jaringan yang menghubungkan mereka. Internet telah didesain, tidak memiliki sistem operasi pusat yang Microsoft atau orang lain dapat mematenkan dan melisensikannya. Dan kultur kebebasan diarahkan untuk terbuka,artinya, nonproprietary, tak satu pun yang ditetapkan oleh Microsoft. Gates bergerak cepat tahun ini untuk merangkul Net, meskipun kadang-kadang tampak ia berusaha untuk merengkuhkan lengan panjang Microsoft di sekitarnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: