Beranda > Internet > Konsep (Yang Terbukti) Mampu Mengalahkan Facebook

Konsep (Yang Terbukti) Mampu Mengalahkan Facebook

Sejak Facebook mampu mengalahkan Google di kandangnya sendiri (US), dunia seolah hampir tak percaya. Bagaimana mungkin si raksasa Google bisa dikalahkan unique visitornya oleh situs anak baru kemarin ?

Ya, FB memang telah menjadi fakta internet yang tak terbantahkan. Terlepas dari masalah privacy dll, Facebook terus melaju mantap dengan target untuk mengalahkan Google di tingkat dunia.

Namun diam-diam, di belahan dunia lain yang cukup terpisah dari hiruk pikuk internet global yang didominasi big player, ada satu situs yang dari sisi kualitas yang lain mampu mengalahkan FB.

Tencent adalah situs jejaring sosial ala China yang berbeda konsep dengan FB. Kalau Baidu menempuh konsep mirip Google dan cenderung kopi paste konsep, maka Tencent mampu tampil beda dari pesaingnya di sektor social network ini.

Kalau FB berisi jejaring sosial pertemanan yang riil maka Tencent berisi jaringan sosial virtual. Di situs ini orang didorong untuk membuat karakter virtual dirinya dan berinteraksi untuk akhirnya memperjualbelikan barang-barang virtual di dunia maya. Barang virtual seperti games, hewan peliharaan virtual, dan ring tone. Tencent pada dasarnya adalah situs yang mendistribusikan program pengirim pesan instant (instant messenger), namun telah berkembang menjadi komunitas besar berbahasa China yang jumlah aktive usernya lebih besar daripada FB. (FB visitor 519juta, Tencent active user 523juta orang)

Perbedaan lainnya, kebanyakan market Tencent adalah mobile user, sedangkan FB masih didominasi Desktop PC.

  1. Fauzi Baidlawi
    Juni 8, 2010 pukul 11:11 pm

    bisa minta tolong alamat webnya g? tapi bahasanya mandarin y?

    UO: kl ingin tahu produknya ada disini http://www.tencent.com/en-us/ps/imservice.shtml, dan ini jaringannya (spt yahoo) yang diunggulkan http://www.qq.com/, yup ini dalam simplified chinese, pakai google translate:)
    Post kami terdahulu mengenai tencent :
    https://tech19.wordpress.com/2009/03/06/qzhttp-web-server-china-yang-fenomenal/
    trims

  2. Oktober 8, 2010 pukul 2:36 am

    jd seperti maen game the Sims kalo di tencent

  3. Oktober 29, 2010 pukul 2:42 am

    terima kasih atas infonya..

  4. Maret 8, 2011 pukul 7:41 am

    memang kalau bercerita tentang china, semua bisa di buat oleh mereka, apa pun bisa di buat, mulai dari web, barang elektronik, dan lain lain, satu lagi konsep yang diterapkan oleh mereka ialah solidaritas yang tinggi dan dan kebersamaan. itu yang membuat mereka cepat maju,

  5. Mei 14, 2011 pukul 1:10 pm

    Kalau mereka bisa, kita blogger Indonesia juga bisa kawan-kawan. Ayo, buktikan bahwa Blogger Indonesia juga bisa unjuk gigi di dunia Netter

  6. Desember 2, 2012 pukul 12:40 pm

    wah baru tau nih hehe😀
    ternyata ada pesaing juga… tapi masih di wilayah sono doang
    nice info gan…

  7. Januari 27, 2013 pukul 9:41 am

    Andai saja pemuda-pemudi Indonesia bisa membuat seperti tencent di China, dengan memanfaatkan seluruh penduduk indonesia yang mencapai 240 jt-an ini.

    • Desember 7, 2013 pukul 11:07 am

      bisa. udh pernah ada bbrp yg bikin, termasuk perusahaan gede provider hp. cuma fitur minim dan marketing jelek.ngebuatnya gak berkembang.

      • Maret 13, 2014 pukul 8:00 pm

        selain itu, karena di cina tencent termasuk yang kena imbas dari tidak adanya facebook sehingga moment ini bisa dimanfaatkannya dengan baik. hampir mirip dengan baidu dan google tapi berbeda alasan.

  8. Januari 23, 2014 pukul 5:34 am

    ada saatnya wkt perkembangan facebook akan stagnan… secara penambahan usernya jauh lbh cepet dibanding pertambahan jumlah pengguna internet

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: